PERANCANGAN BRAND CAMPAIGN UNTUK BRAND ANOMAN COLLEZIONI YANG MENGANGKAT KELEBIHAN BATIK
Abstract
Penelitian ini ditulis karena berkurangnya minat pada kebudayaan lokal terutama kain batik dimasyarakat Indonesia Menurut dari wawancara dengan owner Anoman yaitu Minarto Jani mengatakan customer yang datang ke toko Anoman cenderung pada segment menengah keatas dengan usia 50 tahun keatas untuk jenis kelamin pria dan wanita. Sehingga dapat dilihat dari observasi tersebut pada generasi Millenial dan generasi Z sudah memiliki perbedaan pandangan terhadap kain batik, penelitian ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang arti – arti motif batik, agar pemikiran masyarakat dapat mengerti dan menghargai kebudayaan batik, karena batik adalah sebuah seni dan budaya asli Indonesia yang tidak dimiliki oleh negara mana pun didunia. Target market dari Anoman Collezioni sendiri ditujukan untuk usia 30 – 50 tahun pria dan wanita yang menyukai batik sehingga media promosi dan gaya desain disesuaikan dengan target market. Untuk mendukung perancangan tersebut penulis membutuhkan data sekunder dari studi literatur dengan sumber buku, jurnal, maupun artikel dari internet yang berhubungan dengan media promosi untuk mengetahui perilaku customer dengan tepat, brand campaign untuk mengetahui media apa yang akan digunakan, gaya desain untuk mengetahui gaya desain seperti apa yang sesuai, media social untuk mengetahui media apa yang akan digunakan, lalu keputusan pembelian untuk mempengaruhi perilaku konsumen. Lalu penulis juga membutuhkan data primer berupa validasi data melalui wawancara dengan tiga expert user, tiga extreme user, dan melakukan penyebaran survei uji coba desain kepada seratus enam responden yang sesuai dengan target market untuk menguji coba gaya desain, konten, dan strategi promosi yang digunakan “Anoman Collezioni” agar promosi yang dibuat sesuai dengan selera dan dapat diterima oleh target market. Perancangan menghasilkan brand campaign untuk “Anoman Collezioni” berupa konten edukasi, informasi, interaktif lalu endorsement, giveaway dan media promosi pendukung lainnya yang berupa offline hingga online.