• Login
    View Item 
    •   DSpace Home
    • Skripsi, Tesis dan Disertasi
    • Fakultas Industri Kreatif
    • Desain Komunikasi Visual
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Skripsi, Tesis dan Disertasi
    • Fakultas Industri Kreatif
    • Desain Komunikasi Visual
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PERANCANGAN STRATEGI KOMUNIKASI VISUAL “ERAIZ” UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN SEBAGAI MEREK PENGUSUNG KONSEP UPCYCLE

    Thumbnail
    View/Open
    Halaman Judul (234.2Kb)
    LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TA (3.170Mb)
    Kata Pengantar (231.6Kb)
    Abstrak (311.0Kb)
    Daftar Isi (232.8Kb)
    Bab I (159.9Kb)
    Bab II (710.6Kb)
    Bab III (1.591Mb)
    Bab IV (585.9Kb)
    Bab V (153.0Kb)
    Daftar Pustaka (267.4Kb)
    Lampiran (477.2Kb)
    Date
    2020
    Author
    Wijaya, Fransisca Amelia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alam melimpah, khususnya pada material kayunya. Hal ini dikarenakan letak geografis Indonesia yang memiliki hutan tropis dengan kayu berkualitas tinggi. Namun banyaknya material kayu yang dihasilkan juga membuat banyaknya limbah kayu yang dihasilkan. Minimnya pengolahan limbah kayu membuat material ini terbuang sia-sia. Oleh karena itu Eraiz lahir dengan konsep upcycle bertujuan memaksimalkan anugerah bumi Indonesia pada partileknya yang paling kecil sekalipun. Seiring berjalannya waktu bisnis pengolah limbah kayu ini menemukan masalah utama yaitu minimnya kesadaran masyarakat akan Eraiz sebagai merek pendatang. Analisa pasar yang telah dilakukan membuahkan hasil bahwa belum terlihatnya nilai pembeda yang dimiliki Eraiz dengan merek serupa lainnya. Maka dari itu dengan dirancangnya brand communication diharapkan masyarakat mulai sadar akan konsep upcycle sebagai nilai yang dibawa. Perancangan ini dilakukan menggunakan metode penelitian kualitatif yang lebih bersifat deskriptif dan menggunakan teknik analisis serta observasi, adapun usaha penggalian data yang dilakukan adalah dengan mewawancarai 3 expert users dibidangnya, 3 extreme users dan lebih dari 100 orang responden untuk mengisi kuisioner dengan kualifikasi yang masih sesuai dengan target market dan audience dari Eraiz, selain itu data juga didukung dengan studi literatur sebagai penguat teori desain. Hasil perancangan brand communication ini diproyeksikan dengan merancang strategi komunikasi visual yang tersusun dalam timeline kreatif berdurasi satu tahun. Dirancangnya 3 program kampanye utama demi meningkatkan kesadaran merek, didukung dengan rangkaian agenda harian, dan bulanan lainnya yang terintegrasi. Marketing objective dari strategi yang dirancang, untuk mendapatkan kesadaran dari new audience hingga calon konsumen potensial, sedangkan untuk goals jangka panjangnya dari langkah-langkah yang dirancang menjadikan Eraiz top of mind sebagai merek pengsung konsep upcycle bagi segmennya.
    URI
    http://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/3923
    Collections
    • Desain Komunikasi Visual

    Copyright©  2017 - LPPM & Library Of Universitas Ciputra
    »»» UC Town CitraLand, Surabaya - Indonesia 60219 «««
    Powered by : FreeBSD | DSpace | Atmire
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    Copyright©  2017 - LPPM & Library Of Universitas Ciputra
    »»» UC Town CitraLand, Surabaya - Indonesia 60219 «««
    Powered by : FreeBSD | DSpace | Atmire