PERANCANGAN STRATEGI KOMUNIKASI VISUAL “ERAIZ” UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN SEBAGAI MEREK PENGUSUNG KONSEP UPCYCLE
Abstract
Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alam melimpah, khususnya
pada material kayunya. Hal ini dikarenakan letak geografis Indonesia yang
memiliki hutan tropis dengan kayu berkualitas tinggi. Namun banyaknya material
kayu yang dihasilkan juga membuat banyaknya limbah kayu yang dihasilkan.
Minimnya pengolahan limbah kayu membuat material ini terbuang sia-sia. Oleh
karena itu Eraiz lahir dengan konsep upcycle bertujuan memaksimalkan anugerah
bumi Indonesia pada partileknya yang paling kecil sekalipun. Seiring berjalannya
waktu bisnis pengolah limbah kayu ini menemukan masalah utama yaitu minimnya
kesadaran masyarakat akan Eraiz sebagai merek pendatang. Analisa pasar yang
telah dilakukan membuahkan hasil bahwa belum terlihatnya nilai pembeda yang
dimiliki Eraiz dengan merek serupa lainnya. Maka dari itu dengan dirancangnya
brand communication diharapkan masyarakat mulai sadar akan konsep upcycle
sebagai nilai yang dibawa. Perancangan ini dilakukan menggunakan metode
penelitian kualitatif yang lebih bersifat deskriptif dan menggunakan teknik analisis
serta observasi, adapun usaha penggalian data yang dilakukan adalah dengan
mewawancarai 3 expert users dibidangnya, 3 extreme users dan lebih dari 100
orang responden untuk mengisi kuisioner dengan kualifikasi yang masih sesuai
dengan target market dan audience dari Eraiz, selain itu data juga didukung
dengan studi literatur sebagai penguat teori desain. Hasil perancangan brand
communication ini diproyeksikan dengan merancang strategi komunikasi visual
yang tersusun dalam timeline kreatif berdurasi satu tahun. Dirancangnya 3
program kampanye utama demi meningkatkan kesadaran merek, didukung
dengan rangkaian agenda harian, dan bulanan lainnya yang terintegrasi.
Marketing objective dari strategi yang dirancang, untuk mendapatkan kesadaran
dari new audience hingga calon konsumen potensial, sedangkan untuk goals
jangka panjangnya dari langkah-langkah yang dirancang menjadikan Eraiz top of
mind sebagai merek pengsung konsep upcycle bagi segmennya.