| dc.contributor.author | Wijaya, Fransisca Amelia | |
| dc.date.accessioned | 2021-12-15T04:29:03Z | |
| dc.date.available | 2021-12-15T04:29:03Z | |
| dc.date.issued | 2020 | |
| dc.identifier.uri | http://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/3923 | |
| dc.description | Indonesia is a country that is rich in abundant natural resources, especially in wood
materials. This is due to the geographical location of Indonesia which has tropical
forests with high-quality wood. However, the amount of wood material produced
also makes a large amount of wood waste produced as well. The lack of wood
waste processing makes this material wasted. Therefore, Eraiz was born with the
concept of upcycling which aims to maximize the gifts of the Indonesian earth even
in the smallest parts. Over time, the wood waste processing business encountered
a major problem, namely the lack of public awareness of Eraiz as a newcomer
brand. The market analysis that has been carried out has yielded the result that
there is no visible difference between Eraiz and other similar brands. Therefore,
with the design of brand communication, it is hoped that the public will begin to
realize the concept of upcycling as the value that is carried. This design is carried
out using qualitative research methods that are more descriptive and using
analysis and observation techniques, while the data-mining efforts carried out are
by interviewing 3 expert users in their fields, 3 extreme users, and more than 100
respondents to fill out a questionnaire with qualifications that still comply Eraiz's
target market and audience, besides that, the data is also supported by literature
studies as reinforcement of design theory. The results of this design brand
communication are projected by designing a visual communication strategy
arranged in a creative timeline with a duration of one year. 3 main campaign
programs were designed to increase brand awareness, supported by a series of
integrated daily and monthly agendas. Marketing objectives, from the strategies
designed, to gain awareness from new audiences to potential customers, and for
long-term goals, from the steps designed to make Eraiz top of mind as a brand
carrying the concept of upcycling for its segment. | en_US |
| dc.description.abstract | Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alam melimpah, khususnya
pada material kayunya. Hal ini dikarenakan letak geografis Indonesia yang
memiliki hutan tropis dengan kayu berkualitas tinggi. Namun banyaknya material
kayu yang dihasilkan juga membuat banyaknya limbah kayu yang dihasilkan.
Minimnya pengolahan limbah kayu membuat material ini terbuang sia-sia. Oleh
karena itu Eraiz lahir dengan konsep upcycle bertujuan memaksimalkan anugerah
bumi Indonesia pada partileknya yang paling kecil sekalipun. Seiring berjalannya
waktu bisnis pengolah limbah kayu ini menemukan masalah utama yaitu minimnya
kesadaran masyarakat akan Eraiz sebagai merek pendatang. Analisa pasar yang
telah dilakukan membuahkan hasil bahwa belum terlihatnya nilai pembeda yang
dimiliki Eraiz dengan merek serupa lainnya. Maka dari itu dengan dirancangnya
brand communication diharapkan masyarakat mulai sadar akan konsep upcycle
sebagai nilai yang dibawa. Perancangan ini dilakukan menggunakan metode
penelitian kualitatif yang lebih bersifat deskriptif dan menggunakan teknik analisis
serta observasi, adapun usaha penggalian data yang dilakukan adalah dengan
mewawancarai 3 expert users dibidangnya, 3 extreme users dan lebih dari 100
orang responden untuk mengisi kuisioner dengan kualifikasi yang masih sesuai
dengan target market dan audience dari Eraiz, selain itu data juga didukung
dengan studi literatur sebagai penguat teori desain. Hasil perancangan brand
communication ini diproyeksikan dengan merancang strategi komunikasi visual
yang tersusun dalam timeline kreatif berdurasi satu tahun. Dirancangnya 3
program kampanye utama demi meningkatkan kesadaran merek, didukung
dengan rangkaian agenda harian, dan bulanan lainnya yang terintegrasi.
Marketing objective dari strategi yang dirancang, untuk mendapatkan kesadaran
dari new audience hingga calon konsumen potensial, sedangkan untuk goals
jangka panjangnya dari langkah-langkah yang dirancang menjadikan Eraiz top of
mind sebagai merek pengsung konsep upcycle bagi segmennya. | en_US |
| dc.language.iso | id | en_US |
| dc.publisher | Universitas Ciputra Surabaya | en_US |
| dc.subject | upcycle | en_US |
| dc.subject | brand communication | en_US |
| dc.subject | kesadaran merek | en_US |
| dc.subject | komunikasi | en_US |
| dc.subject | pemasaran | en_US |
| dc.subject | brand value | en_US |
| dc.subject | marketing communication | en_US |
| dc.subject | Brand Awareness | en_US |
| dc.title | PERANCANGAN STRATEGI KOMUNIKASI VISUAL “ERAIZ” UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN SEBAGAI MEREK PENGUSUNG KONSEP UPCYCLE | en_US |
| dc.type | Thesis | en_US |
| dc.identifier.nidn | 0704127902 | |
| dc.identifier.kodeprodi | 90241 | |
| dc.identifier.nim | 20317022 | |
| dc.identifier.dosenpembimbing | Stevanus Christian Anggrianto | |