PERANCANGAN BRAND ACTIVATION DAN MEDIA PROMOSI UNTUK THERAPEUTIC
Abstract
Saat ini isu lingkungan merupakan hal yang sensitif dan banyak diperbincangkan
di dunia maupun di Indonesia. Produk-produk ramah lingkungan sudah mulai marak
digunakan dan menjadi lifestyle baru bagi beberapa golongan masyarakat. Banyak
pelaku usaha menggunakan kesempatan ini untuk memulai bisnis yang sekaligus
mengajak masyarakat untuk lebih peduli lagi terhadap kesehatan lingkungan.
Therapeutic adalah salah satu bisnis baru yang tercipta karena kesadaran sang pendiri
terhadap isu lingkungan yang saat ini sedang terjadi. Mengusung eco-friendly produk,
Therapeutic menjual produk natural soap bar dan scented yang berbahan alami dan
tidak menyebabkan kerusakan lingkungan, serta menerapkan konsep less-waste,
reuse, dan eco-lifestyle. Sebagai brand baru yang berdiri di tengah kondisi pandemi
seperti saat ini, Therapeutic memiliki beberapa kendala yaitu di Indonesia sudah mulai
banyak produk atau bisnis serupa yang akan menyebabkan Therapeutic kalah saing
dan kalah nama jika dihadapkan dengan para kompetitor. Selain itu Therapeutic masih
membutuhkan trust dari para konsumen yang dimana hal ini sangat diperlukan pada
jenis produk maupun sistem dari Therapeutic. Dari permasalahan yang di hadapi,
Therapeutic melakukan penelitian untuk mengetahui strategi marketing dan media
promosi apa yang tepat untuk dapat meningkatkan brand awareness.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi brand activation
dan media promosi yang sesuai dengan target market untuk meningkatkan brand
awareness Therapeutic dalam social media. Penelitian ini menggunakan metode
kualitatif dan kuantitatif dalam mengumpulkan data. Metode kualitatif dilakukan
dengan mewawancara beberapa expert dan extreme user pelaku eco-lifestyle untuk
mencari data bagaimana melakukan promosi yang tepat. Metode kuantitatif dilakukan
dengan suvei kepada masyarakat Indonesia untuk mengetahui platform media social
media apa yang paling efektif dalam melakukan promosi.
Hasil dari penelitian ini didapatkan kesimpulan strategi brand activation yang tepat
untuk Therapeutic yaitu dengan melakukan kegiatan yang dapat menarik minat
masyarakat seperti workshop, sehingga kegiatan yang dilakukan bisa sekaligus untuk
memperkenalkan produk dan brand dan memberi edukasi. Platform media sosial yang
tepat untuk mempromosikan activation Therapeutic yaitu Instagram.
