| dc.contributor.author | Karsena, Yemima Judithia | |
| dc.date.accessioned | 2021-12-15T04:45:47Z | |
| dc.date.available | 2021-12-15T04:45:47Z | |
| dc.date.issued | 2020 | |
| dc.identifier.uri | http://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/3924 | |
| dc.description | Currently, environmental issues are a sensitive matter and are widely discussed in
the world and in Indonesia. Environmentally friendly products have started to be
widely used and have become a new lifestyle for several groups of people. Many
business actors take this opportunity to start a business which at the same time
invites the public to care more about environmental health. Therapeutic is a new
business created because of the founder's awareness of environmental issues that are
currently happening. Carrying eco-friendly products, Therapeutic sells natural soap
bar and scented products that are made from natural ingredients and do not cause
environmental damage, as well as applying the concepts of less-waste, reuse, and
eco-lifestyle. As a new brand that stands in the midst of a pandemic like today,
Therapeutic has several obstacles, namely in Indonesia there have been many
similar products or businesses that will cause Therapeutic to lose competitiveness
and lose name when faced with competitors. In addition, Therapeutic still needs trust
from consumers, which is very necessary for the types of products and systems from
Therapeutic. From the problems faced, Therapeutic conducted research to find out
what marketing strategies and promotional media were right to increase brand
awareness.
The formulation of the problem in this study is how the brand activation strategy and
promotional media are in accordance with the target market to increase Therapeutic
brand awareness in social media. This research uses qualitative and quantitative
methods in collecting data. The qualitative method is carried out by interviewing
several experts and extreme users of eco-lifestyle actors to find data on how to carry
out the right promotion. The quantitative method is carried out by surveying the
Indonesian people to find out what social media platforms are most effective in
promoting.
The results of this study concluded that the right brand activation strategy for
Therapeutic is by carrying out activities that can attract public interest such as
workshops, so that the activities carried out can simultaneously introduce products
and brands and provide education. The right social media platform to promote
Therapeutic activation is Instagram. | en_US |
| dc.description.abstract | Saat ini isu lingkungan merupakan hal yang sensitif dan banyak diperbincangkan
di dunia maupun di Indonesia. Produk-produk ramah lingkungan sudah mulai marak
digunakan dan menjadi lifestyle baru bagi beberapa golongan masyarakat. Banyak
pelaku usaha menggunakan kesempatan ini untuk memulai bisnis yang sekaligus
mengajak masyarakat untuk lebih peduli lagi terhadap kesehatan lingkungan.
Therapeutic adalah salah satu bisnis baru yang tercipta karena kesadaran sang pendiri
terhadap isu lingkungan yang saat ini sedang terjadi. Mengusung eco-friendly produk,
Therapeutic menjual produk natural soap bar dan scented yang berbahan alami dan
tidak menyebabkan kerusakan lingkungan, serta menerapkan konsep less-waste,
reuse, dan eco-lifestyle. Sebagai brand baru yang berdiri di tengah kondisi pandemi
seperti saat ini, Therapeutic memiliki beberapa kendala yaitu di Indonesia sudah mulai
banyak produk atau bisnis serupa yang akan menyebabkan Therapeutic kalah saing
dan kalah nama jika dihadapkan dengan para kompetitor. Selain itu Therapeutic masih
membutuhkan trust dari para konsumen yang dimana hal ini sangat diperlukan pada
jenis produk maupun sistem dari Therapeutic. Dari permasalahan yang di hadapi,
Therapeutic melakukan penelitian untuk mengetahui strategi marketing dan media
promosi apa yang tepat untuk dapat meningkatkan brand awareness.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi brand activation
dan media promosi yang sesuai dengan target market untuk meningkatkan brand
awareness Therapeutic dalam social media. Penelitian ini menggunakan metode
kualitatif dan kuantitatif dalam mengumpulkan data. Metode kualitatif dilakukan
dengan mewawancara beberapa expert dan extreme user pelaku eco-lifestyle untuk
mencari data bagaimana melakukan promosi yang tepat. Metode kuantitatif dilakukan
dengan suvei kepada masyarakat Indonesia untuk mengetahui platform media social
media apa yang paling efektif dalam melakukan promosi.
Hasil dari penelitian ini didapatkan kesimpulan strategi brand activation yang tepat
untuk Therapeutic yaitu dengan melakukan kegiatan yang dapat menarik minat
masyarakat seperti workshop, sehingga kegiatan yang dilakukan bisa sekaligus untuk
memperkenalkan produk dan brand dan memberi edukasi. Platform media sosial yang
tepat untuk mempromosikan activation Therapeutic yaitu Instagram. | en_US |
| dc.language.iso | id | en_US |
| dc.publisher | Universitas Ciputra Surabaya | en_US |
| dc.subject | Brand Activitation | en_US |
| dc.subject | Eco-Lifestyle | en_US |
| dc.subject | Eco-Friendly | en_US |
| dc.subject | Sosial Media | en_US |
| dc.subject | Social Media | en_US |
| dc.title | PERANCANGAN BRAND ACTIVATION DAN MEDIA PROMOSI UNTUK THERAPEUTIC | en_US |
| dc.type | Thesis | en_US |
| dc.identifier.nidn | 0723028503 | |
| dc.identifier.kodeprodi | 90241 | |
| dc.identifier.nim | 20317049 | |
| dc.identifier.dosenpembimbing | Hutomo Setia Budi | |