PERANCANGAN BRAND CAMPAIGN “CA&CHILL” UNTUK MENGEDUKASI MARKET TERHADAP KEGUNAAN DAN MANFAAT LILIN AROMATERAPI NATURAL MELALUI MEDIA SOSIAL
Abstract
Wanita lebih memiliki resiko cemas, panik, dan stress daripada pria,
penderita akan merasa tidak nyaman dan muncul firasat buruk yang dapat
berujung pada kepanikan. Untuk itu ca&chill menyediakan produk lilin aromaterapi
berbahan dasar natural yaitu 100% Essential Oil untuk membantu dalam
mengatasi permasalahan tersebut, yang dapat membantu menaikkan mood,
menenangkan. Namun, dalam upaya menanggulangi masalah tersebut “ca&chill”
menemukan problem. Berdasarkan survey, masyarakat lebih memilih produk
berdasarkan wanginya yang unik yang biasanya di temukan pada lilin aromaterapi
berbahan dasar fragrance oil. Hal ini terjadi karena kurangnya edukasi mengenai
guna dari scented candle berbahan dasar natural. “ca&chill” ingin membangun
brand yang mengangangkat lilin aromaterapi bukan hanya dari wanginya tetapi
dari guna dan manfaatnya. Ditujukan untuk target market wanita berusia 20-30
tahun yang menyukai wewangian dan peduli akan kenyamanan sekitarnya. Untuk
mendukung perancangan tersebut penulis membutuhkan data sekunder dari studi
literatur dengan sumber buku, jurnal, maupun artikel dari internet yang
berhubungan dengan customer behavior untuk mengetahui selera dan perilaku
customer, brand communication untuk mengetahui media apa yang akan
digunakan, campaign dan edukasi sebagai kegiatan yang akan dilaksanakan, dan
marketing komunikasi untuk menyusun strategi yang tepat. Selain itu penulis juga
membutuhkan data primer berupa validasi data melalui wawancara dengan tiga
expert user, tiga extreme user, dan melakukan penyebaran survei uji coba desain
kepada seratus responden yang sesuai dengan target market untuk menguji coba
desain, konten, dan strategi promosi yang digunakan “ca&chill” agar promosi yang
dirancang sesuai dengan selera dan dapat diterima oleh target market.
Perancangan menghasilkan brand campaign untuk “ca&chill” berupa konten
edukasi, endorsement, giveaway dan media promosi lainnya yang mendukung.