PERANCANGAN BRAND COMMUNICATION UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS DECOMII
Abstract
Kerajinan adalah suatu hal yang bernilai sebagai kreativitas alternatif
dan suatu barang yang dihasilkan melalui keterampilan tangan. Saat ini kerajinan
tangan semakin berkembang mengikuti perkembangan zaman dan bentuknya
semakin bermacam-macam. Kerajinan tangan yang cukup populer di kalangan
remaja saat ini ada banyak dan salah satunya adalah kreasi decoden. Namun,
beberapa dari orang-orang kesulitan untuk mendapatkan bahan untuk membuat
kreasi tersebut sehingga tidak dapat mencoba sendiri dan hanya dapat melihat
cara pembuatannya melalui internet atau menikmati hasil jadi kreasi kerajinan
tangan tersebut. Decomii ada untuk menjawab masalah yang dialami oleh orang orang tersebut dengan menyediakan deco kit yang berisi alat-alat untuk
mendekorasi seperti tipe dekorasi decoden. Perancangan ini bertujuan untuk
menjawab permasalahan brand Decomii terhadap ketidaktahuan masyarakat
dengan sebutan decoden. Decoden adalah kerajinan yang populer di Jepang,
Hongkong, Singapura, dan Cina. Decoden spesifik dengan simulasi
mainan/miniatur fake sweets dan cake yang terbuat dari clay, resin, dan material
lainnya. Sayangnya, saat dilakukan uji coba pertama kepada expert user,
extreme user, dan target market, kebanyakan dari mereka menjawab bahwa
mereka tidak tahu dengan sebutan decoden jika ditanya secara verbal tetapi
mengerti jika ditanya secara visual. Oleh karena itu, penulis harus menyelesaikan
masalah tersebut dengan merancang brand communication untuk meningkatkan
awareness target market pada decoden. Untuk mendukung perancangan
tersebut penulis menggunakan metode kualitatif dengan mengumpulkan data
primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara dengan tiga
expert user, tiga extreme user, dan melakukan penyebaran kuesioner dalam
bentuk google form kepada seratus target market Decomii untuk menguji coba
desain, media promosi, dan cara penyampaian informasi. Data sekunder
diperoleh melalui studi literatur dengan sumber buku, jurnal, dan artikel dari
internet yang berhubungan dengan kerajinan tangan dan decoden. Hasil
perancangan berupa strategi kampanye dan penggunaan media promosi dalam
menyampaikan atau mengkomunikasikan informasi dan produk dengan gaya
desain yang cocok dan sesuai kepada target market.