ANALISIS PENGARUH VARIABEL HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI MINUMAN KOPI DENGAN PREFERENSI MEREK SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DI SURABAYA
Abstract
Aktivitas minum kopi sudah bukanlah menjadi tradisi, namun juga sudah menjadi salah satu gaya hidup bagi generasi muda (generasi Y) di Indonesia. Terlebih lagi pengetahuan tentang kopi dan brand-brand kopi nasional yang tidak kalah dari brand-brand internasional yang ada di Indonesia. Minat beli terhadap produk kedai kopi berkualitas dengan harga terjangkau didominasi oleh generasi Y yang memiliki sifat konsumtif dikarenakan pengaruh dari budaya digital. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui harga dan kualitas produk terhadap minat beli minuman kopi di Surabaya dengan preferensi merek sebagai mediasi. Populasi yang diterapkan dalam penelitian ini adalah generasi Y yang pernah mendatangi brand-brand kopi nasional yaitu Tanamera Coffee & Roastery, Common Grounds Coffee, Djournal Coffee, Redback Specialty Coffee, Maxx Coffee, Calibre Coffee Roasters, dan Monopole Coffee Lab. Sampel yang diteliti adalah 80 konsumen kopi berusia 22-40 tahun yang pernah mendatangi brand kedai kopi nasional tersebut dalam enam bulan terakhir. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner melalui google form. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode PLS-SEM (Partial Least Square-Structural Equation Model). Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa harga berpengaruh positif terhadap preferensi merek; kualitas produk berpengaruh positif terhadap preferensi merek; harga dan kualitas produk tidak berpengaruh terhadap minat beli; preferensi merek berpengaruh positif terhadap minat beli. Ditemukan juga bahwa preferensi merek memediasi hubungan antara harga dan minat beli, serta preferensi merek memediasi hubungan antara kualitas produk dan minat beli.