PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DAN SERVICE QUALITY RESTORAN AROMA LOMBOK DALAM MENINGKATKAN BRAND EQUITY
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh customer relationship management dan service quality restoran Aroma Lombok dalam meningkatkan brand equity. Berkembangnya bisnis kuliner di Lombok membuat persaingan semakin ketat, penelitian ini berkaitan dengan menurunnya daya beli masyarakat akibat pandemi. Demi keberlangsungan perusahaan, sebuah restoran harus menaruh perhatian lebih kepada pelanggan dengan memperhatikan customer relationship management yang mencakup continuity marketing, one to one marketing, dan partnering program serta service quality untuk meningkatkan brand equity. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksplanatif dengan tehnik judgement sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner berbentuk Google Form yang dibagikan kepada 100 orang responden yang berumur minimal 17 tahun dan sudah pernah mengunjungi restoran Aroma Lombok minimal sekali dalam kurun waktu tiga bulan. Penelitian ini menggunakan instrumen skala Likert dan dianalisis menggunakan tehnik analisis regresi linear berganda dan diolah menggunakan program SPSS untuk memperoleh kesimpulan. Hasil penelitian continuity marketing, one to one marketing, dan partnering program, service quality berpengaruh positif dan signifikan untuk meningkatkan brand equity.
