PREFERENSI MASYARAKAT SURABAYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SAMBAL BOTOL
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui preferensi masyarakat Surabaya terhadap keputusan pembelian sambal botol. Peneliti membagikan kuesioner secara daring dengan menggunakan Google Form untuk melakukan pra-survei. Hasil dari kuesioner tersebut kemudian juga digunakan untuk mengambil sampel yang dijadikan sebagai informan dalam penelitian ini. Penelitian ini mengambil lima informan pelanggan dan satu informan ahli. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara mengenai indikator-indikator yang memengaruhi preferensi terhadap keputusan pembelian sambal botol. Indikator-indikator preferensi yang digunakan adalah awareness, knowledge, purchase, price, quality of service, branding, tangibles, dan quality of food. Selanjutnya, peneliti menganalisa hasil data dengan triangulasi yaitu dengan membandingkan data dari informan dan teori dari penelitian terdahulu untuk memperoleh kesimpulan berdasarkan hasil penelitian tersebut. Berdasarkan hasil triangulasi tersebut, seluruh indikator preferensi dapat memengaruhi keputusan pembelian sambal botol dimana quality of food merupakan indikator yang paling diperhatikan oleh pelanggan dalam membuat keputusan pembelian maupun pembelian ulang.
