ANALISIS PENGARUH USER GENERATED CONTENT, CUSTOMER EXPERIENCE, DAN DAYA TARIK WISATA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN LOKAL PADA OBJEK WISATA DANAU BERATAN BALI
Abstract
Penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh dari user generated
content, customer experience dan daya tarik wisata terhadap keputusan berkunjung
wisatawan lokal pada Objek Wisata Danau Beratan Bali. Pada penelitian ini, user
generated content berperan sebagai variabel bebas (X1), customer experience
sebagai variabel bebas (X2), daya tarik wisata sebagai variabel bebas (X3) dan
keputusan berkunjung sebagai variabel terikat (Y). Penelitian ini menggunakan
metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 180 responden kepada
wisatawan lokal yang berasal dari Pulau Bali, yang dimana pernah berkunjung ke
Objek Wisata Danau Beratan minimal sekali dan pernah menggunakan media
sosial. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda
menggunakan alat pengujian data berupa SPSS. Berdasarkan hasil pengujian
hipotesis melalui SPSS, didapatkan hasil uji parsial bahwa user generated content
memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung, customer
experience memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
berkunjung, dan daya tarik wisata memiliki pengaruh positif dan signifikan
terhadap keputusan berkunjung. Sedangkan hasil uji simultan, di ketahui user
generated content, customer experience dan daya tarik wisata secara bersamaan
memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung.