PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PELANGGAN LINNI’S PATISSERIE SURABAYA
Abstract
Seiring dengan berjalannya waktu dan jaman, semakin banyaknya penjualan produk-produk khususnya produk makanan sudah tidak asing didengar oleh para calon maupun konsumen produk-produk tersebut. Hal ini meningkatkan daya saing yang termasuk menantang dan berat bagi para pengusaha produk-produk makanan tersebut tentunya. Dari sinilah para pengusaha produk makanan harus lebih mempertimbangkan kualitas produk serta jurus pemasaran yang tepat agar para calon maupun konsumen dapat tertarik dan mencoba produk-produk tersebut. Tidak kalah penting juga pertimbangan akhir yang disimpulkan para konsumen terhadap layak atau tidaknya produk tersebut untuk dikonsumsi. Hal inilah yang menuntut para pengusaha untuk menjaga kualitas produk yang disajikan serta cara pemasaran yang tepat sehingga dapat memudahkan konsumen untuk mengenal hingga memutuskan untuk membeli produk tersebut.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan media sosial Instagram terhadap keputusan pembelian pada pelanggan Linni’s Patisserie Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sumber data primer berupa kuesioner yang disebar melalui googleform, diolah dengan menggunakan software IBM SPSS Statistics 25, dan dengan menggunakan analisa regresi linear berganda. Populasi penelitian adalah para pelanggan Linni’s Patisseria Surabaya yang berjumlah 100 sampel. Berdasarkan hasil pengolahan data yang telah dilakukan oleh penulis, terdapat kesimpulan : (1) kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada pelanggan Linni’s Patisserie Surabaya dan (2) media sosial instagram berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pelanggan Linni’s Patisserie Surabaya
