STRATEGI STUDIO ALAM GAMPLONG YOGYAKARTA SEBAGAI LOKASI FILM UNTUK MENARIK MINAT BERKUNJUNG WISATAWAN LOKAL
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah dari kesukaan penulis terhadap menonton film dan munculnya destinasi-detinasi wisata baru di Yogyakarta, sehingga membuat objek wisata yang telah ada memiliki semakin banyak pesaing. Studio Alam Gamplong merupakan salah satu objek wisata yang menarik karena sekaligus menjadi lokasi syuting film, namun masih banyak dari wisatawan yang belum mengetahui studio ini. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui strategi yang digunakan Studio Alam Gamplong Yogyakarta sebagai lokasi film untuk menarik minat berkunjung wisatawan lokal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskripstif dan analisis SWOT, yang kemudian disusun dalam tabel ERRC Grid, yang bertujuan untuk membangun strategi yang tepat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapaun informan yang dipilih untuk melakukan wawancara adalah karyawan studio, dinas pariwisata Sleman, pengunjung studio, dan tour operator. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa Studio Alam Gamplong telah memiliki strategi yang cukup bagus untuk menarik minat berkunjung wisatawan lokal. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Studio Alam Gamplong merupakan objek wisata yang menarik dan masih bisa berpotensi lebih bagi industri pariwisata, terutama di Kabupaten Sleman, dengan cara menambah strategi promosi dan juga strategi pengembangannya