Show simple item record

dc.contributor.authorWijaya, Ignatia Elvina
dc.date.accessioned2022-01-07T02:31:37Z
dc.date.available2022-01-07T02:31:37Z
dc.date.issued2021
dc.identifier.urihttp://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/4031
dc.descriptionThe background of this research is from the author’s fondness for watching film and the emergence of new tourist destinations in Yogyakarta, thus making the existing tourist attractions have more competitor. Studio Alam Gamplong is an interesting tourist attractions because it is also be a filming location, but there are still many tourists who don’t know about this studio. The purpose of this study was to determine the strategi used by Studio Alam Gamplong Yogyakarta as a film location to attract local tourists interest to visit. The method used in this research is qualitative descriptive and SWOT analysis, which it then compiled in the ERRC Grid table, which aims to build the right strategy. Data collaction techiniques in this study were observation, interview, and documentation. The informants chosen to conduct an interview were studio employee, Sleman government tourism, studio visitors, and tour operators. The result of this study revealed that Studio Alam Gamplong already has a pretty good strategy to attract local tourists interest to visit. This study concludes that Studio Alam Gamplong is an attractive tourist attraction and still has more potential for the tourism industry, especially in Sleman Regency, by adding the promotion strategies and also the development strategies.en_US
dc.description.abstractLatar belakang dari penelitian ini adalah dari kesukaan penulis terhadap menonton film dan munculnya destinasi-detinasi wisata baru di Yogyakarta, sehingga membuat objek wisata yang telah ada memiliki semakin banyak pesaing. Studio Alam Gamplong merupakan salah satu objek wisata yang menarik karena sekaligus menjadi lokasi syuting film, namun masih banyak dari wisatawan yang belum mengetahui studio ini. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui strategi yang digunakan Studio Alam Gamplong Yogyakarta sebagai lokasi film untuk menarik minat berkunjung wisatawan lokal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskripstif dan analisis SWOT, yang kemudian disusun dalam tabel ERRC Grid, yang bertujuan untuk membangun strategi yang tepat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapaun informan yang dipilih untuk melakukan wawancara adalah karyawan studio, dinas pariwisata Sleman, pengunjung studio, dan tour operator. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa Studio Alam Gamplong telah memiliki strategi yang cukup bagus untuk menarik minat berkunjung wisatawan lokal. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Studio Alam Gamplong merupakan objek wisata yang menarik dan masih bisa berpotensi lebih bagi industri pariwisata, terutama di Kabupaten Sleman, dengan cara menambah strategi promosi dan juga strategi pengembangannyaen_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Ciputra Surabayaen_US
dc.subjectPariwisata dan Filmen_US
dc.subjectStrategien_US
dc.subjectMinat Berkunjungen_US
dc.subjectStudio dan Lokasi Filmen_US
dc.subjectERRCen_US
dc.subjectSWOTen_US
dc.titleSTRATEGI STUDIO ALAM GAMPLONG YOGYAKARTA SEBAGAI LOKASI FILM UNTUK MENARIK MINAT BERKUNJUNG WISATAWAN LOKALen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nidn0721098602
dc.identifier.kodeprodi93205
dc.identifier.nim0406011810051
dc.identifier.dosenpembimbingRIZKI ADITYAJI


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record