PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP MINAT BELI DAN KEPUASAN PELANGGAN UENO COFFEE MADIUN
Abstract
Di jaman sekarang ini, budaya minum kopi dipermudah dengan munculnya coffee shop yang telah menyebar luas dimana saja. Dengan banyaknya coffee shop yang ada, maka persaingan untuk mendapatkan pelanggan juga semakin tinggi pula, Oleh karena itu, tiap – tiap coffee shop juga harus dapat membuat setiap customer yang melakukan transaksi merasa puas dengan apa yang mereka dapatkan agar coffee shop tersebut bisa bersaing dengan coffee shop lainnya dan pelanggan tidak dengan mudah berpaling ke pesaing, semakin puas pelanggan terhadap produk, maka semakin tinggi juga minat beli pelanggan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media sosial instagram terhadap minat beli dan kepuasan pelanggan pada salah satu coffee shop di Kota Madiun yaitu Ueno Coffee. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sumber data primer berupa kuesioner yang disebar melalui googleform dan diolah dengan menggunakan software Smart-PLS 3. Populasi penelitian adalah para konsumen Ueno Coffee Madiun yang berjumlah 100 sampel. Berdasarkan hasil pengolahan data yang telah dilakukan oleh penulis, terdapat kesimpulan : (1) media sosial instagram berpengaruh signifikan terhadap minat beli, (2) media sosial instagram tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, dan (3) minat beli berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan
