PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL APLIKASI CLUBHOUSE SEBAGAI MEDIA DALAM CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT di INDUSTRI PERHOTELAN AREA AMERIKA DAN KANADA
Abstract
Aplikasi Clubhouse merupakan aplikasi yang masih baru dan juga baru terkenal, walaupun sudah banyak mengenai studi yang meneliti mengenai penggunaan sosial media seperti Instagram dan Facebook sebagai media untuk CRM, akan tetapi masih belum ada penelitian yang meneliti dan mendiskusikan mengenai penggunaan aplikasi yang baru ini yaitu Clubhouse sebagai media untuk CRM. Dimana di penelitian ini, penelitii menggunakan metode netnografi, agar dapat mengetahui pendapat-pendapat dari profesional didunia perhotelan mengenai Clubhouse sebagai media dalam CRM. Dimana data yang dikumpulkan, diambil melalui observasi komunitas yang didukung dengan wawancara terhadap komunitas didalam aplikasi Clubhouse dan juga wawancara terhadap salah satu pembicara dari salah satu komunitas tersebut, penelitian ini juga membuahkan hasil dimana aplikasi sosial media Clubhouse ini memiliki pengaruh secara positif terhadap Customer Relationship Management. Penelitian ini juga menarik kesimpulan bahwa aplikasi Clubhouse dapat menjadi media yang baik untuk CRM namun dapat juga menjadi media yang buruk bagi CRM karena beberapa faktor eksternal. Hasil dari penelitian ini memberikan implikasi bagi hotel-hotel yang ingin menggunakan aplikasi Clubhouse sebagai media dalam CRM Mereka.