PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) TERHADAP MINAT BELI ULANG KONSUMEN SA EATERY SAMARINDA DENGAN CITRA MEREK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
Abstract
Industri kuliner yang sangat digemari oleh masyarakat dunia, terutama Indonesia
membuat industri kuliner terus berkembang, terutama di Kota Samarinda. Hal ini
membuat para pelaku bisnis harus untuk mampu bersaing memenuhi keinginan para
konsumennya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kualitas
produk dan electronic word of mouth (E-WoM) terhadap minat beli ulang
konsumen SA Eatery Samarinda yang dimediasi oleh citra merek. Populasi yang
diterapkan dalam penelitian ini seluruh konsumen SA Eatery, sedangkan sampel
yang diteliti adalah 108 konsumen yang melakukan transaksi di SA Eatery dalam
enam bulan terakhir. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebar
kuesioner melalui google form. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif
menggunakan metode PLS-SEM (Partial Least Square-Structural Equation
Model). Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa kualitas produk
berpengaruh positif terhadap citra merek; electronic word of mouth (E-WoM) tidak
berpengaruh terhadap citra merek; kualitas produk dan electronic word of mouth
(E-WoM) tidak berpengaruh terhadap minat beli ulang; citra merek berpengaruh
positif terhadap minat beli ulang. Selain itu, ditemukan bahwa citra merek
memediasi hubungan antara kualitas produk dan minat beli ulang, serta citra merek
tidak memediasi hubungan antara electronic word of mouth (E-WoM) dan minat
beli ulang.