PENGARUH ELECTRONICWORD OF MOUTH TERHADAP MINAT DAN KEPUTUSAN WISATAWAN DI HOTEL MAJAPAHIT
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh dari electronic
word of mouth terhadap minat menginap dan keputusan menginap wisatawan di
Hotel Majapahit. Pada penelitian ini electronic word of mouth berperan sebagai
variabel bebas, keputusan menginap berperan sebagai variabel terikat, dan minat
menginap berperan sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan metode
kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner secara online 140 responden yang pernah
menginap di Hotel Majapahit. Teknik analisis data dalam penelitian ini
menggunakan pendekatan structural equating modeling (SEM) yang berbasis partial
least square (PLS). Berdasarkan hasil olah data menggunakan PLS, dapat
disimpulkan bahwa electronic word of mouth berpengaruh signifikan terhadap minat
menginap dan keputusan menginap, dan juga minat menginap berpengaruh
signifikan terhadap keputusan menginap.
