ANALISA PERSEPSI KEBERSIHAN RESTORAN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN UNTUK DINING-OUT: STUDI KASUS PADA GENERASI MILENIAL SURABAYA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi kebersihan generasi milenial Surabaya dalam pengambilan keputusan dining-out pada café restoran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan model penelitian analisis faktor konfirmatori. Sampel yang digunakan sebanyak 190 generasi milenial di Surabaya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan membagikan kuesioner secara online. Hasil dari penelitian ini adalah terbentuk enam faktor baru yaitu faktor rupa, faktor pengalaman pada ruang makan, faktor permukaan yang sering disentuh, faktor kualitas makanan, faktor penampilan makanan, dan faktor karyawan. Keenam faktor tersebut mewakili sebesar 64,91% dari 28 elemen yang diteliti. Ditemukan juga bahwa faktor rupa merupakan faktor paling berpengaruh