PENGARUH RESPONSIVENESS, PERSEPSI HARGA, PROMOSI SOSIAL MEDIA INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KUKUKRIUK
Abstract
Kukukriuk merupakan bisnis yang bergerak dibidang makanan dan minuman khususnya pendamping makanan. Produk dari Kukukriuk adalah kremes ayam yang dibuat dengan menggunakan sari ayam asli serta rempah-rempah berkualitas pilihan sehingga produk Kukukriuk memiliki kualitas serta mutu yang terjamin. Kukukriuk hadir untuk menjawab kebutuhan masyarakat khususnya pecinta makanan pendamping, keputusan pembelian konsumen dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Dalam teori Theory of Planned Behavior (TPB), terdapat beberapa faktor yang memengaruhi keputusan pembelian, yaitu daya tanggap (responsiveness), persepsi harga, dan promosi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh responsiveness terhadap keputusan pembelian, pengaruh persepsi harga terhadap keputusan pembelian, dan pengaruh promosi sosial media instagram terhadap keputusan pembelian produk Kukukriuk. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif, dengan metode analisis regresi linear berganda menggunakan Statistical Product and Service Solution (SPSS). Penelitian ini memiliki jumlah sampel sebanyak 82 responden yang merupakan konsumen Kukukriuk, dengan hasil penelitian responsiveness tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, persepsi harga dan promosi sosial media instagram berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembelian.