FAKTOR–FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BERWIRAUSAHA PADA SISWA SMP SANTA URSULA BANDUNG
Abstract
FAKTOR–FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT
BERWIRAUSAHA PADA SISWA SMP SANTA URSULA BANDUNG
Persentase pengangguran di Indonesia dari tahun ke tahun selalu meningkat.
Mayoritas dari pengangguran yang ada di Indonesia memiliki latar pendidikan
sekolah menengah pertama. Jika di suatu negara jumlah penganggurannya selalu
meningkat, lama–kelamaan ini akan menghambat pertumbuhan perekonomian
bangsa ini. Sehingga salah satu jalan keluar untuk mengatasi permasalahan ini
adalah adanya pertumbuhan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Menengah) yang harus
pesat, sehingga dengan adanya banyak UMKM akan banyak juga tenaga kerja
yang terserap. Pada akhirnya hal ini akan mengurangi jumlah pengangguran di
Indonesia, dan di sisi lainnya akan meningkatkan pendapatan dari negara tersebut.
Jawa barat merupakan provinsi dengan tingkat pengangguran terbanyak, dan
UMKM yang ada di Jawa Barat jumlahnya tidak banyak. Melihat seluruh kejadian
ini, penulis tertarik akan satu sekolah yang berada di ibu kota Jawa Barat, yaitu
Bandung. Ada SMP Santa Ursula yang dalam kurikulumnya melibatkan
pendidikan kewirausahaan. Jadi SMP Santa Ursula Bandung ini sudah
mengajarkan pola pikir, sifat, dan mental seperti seorang wirausaha sejak dini. Hal
ini akan berdampak besar bagi masa yang akan datang. Karena dengan adanya hal
seperti ini, tidak menutup kemungkinan bahwa satu dekade ke depan akan
membantu permasalahan pengangguran di negara ini dengan banyaknya UMKM
yang akan bermunculan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian
kuantitatif, dengan cara menyebarkan kuesioner kepada siswa–siswi SMP Santa
Ursula Bandung. Guna mengetahui faktor yang mempengaruhi minat
berwirausahanya. Setelah diuji menggunakan dua metode yaitu regresi berganda
dan sederhana, dengan menggunakan enam variabel bebas yaitu, motivasi, efikasi
diri, pendidikan, faktor keluarga, faktor lingkungan masyarakat, dan faktor
lingkungan sekolah. Hasil uji regresi berganda faktor yang mempengaruhi minat
berwirausaha adalah motivasi, efikasi diri, pendidikan, faktor keluarga, dan faktor
lingkungan sekolah. Sedangkan faktor lingkungan masyarakat tidak memiliki
pengaruh. Uji berikutnya adalah regresi sederhana guna mengetahui apakah faktor
lingkungan masyarakat sama sekali tidak berpengaruh. Setelah dilakukan uji
regresi sederhana didapatkan informasi bahwa faktor lingkungan masyarakat
memiliki pengaruh sebesar 5.3% terhadap minat berwirausaha. Jadi,
kesimpulannya faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha siswa SMP Santa
Ursula Bandung adalah motivasi, efikasi diri, pendidikan, faktor keluarga, faktor
lingkungan masyarakat, dan faktor lingkungan sekolah.