PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA BUTIK AL-FI 5
Abstract
PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS
PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA
BUTIK AL-FI 5
Dengan adanya perkembangan tren fashion yang ada di Indonesia ini terutama dari
segi pakaian yaitu baju dan juga hijab semakin banyak desainer muslimah yang
memperkenalkan karya-karya hijabnya. Tidak hanya di kota-kota besar namun di
kabupaten seperti Sidoarjo pun terdapat beberapa store fashion yang tersedia, salah
satunya adalah butik AL-FI 5. Perusahaan yang dijadikan objek pada penelitian ini
adalah butik AL-FI 5 yang menjual pakaian wanita, pria, anak-anak, perlengkapan
ibadah, perlengkapan haji dan umrah. Penelitian ini menarik untuk diteliti karena
fenomena yang terjadi di butik AL-FI 5 yaitu selalu mengutamakan kualitas produk
yang baik serta memberikan pelayanan yang ramah kepada customer. Butik AL-FI
5 juga mengadakan kegiatan rutin bulanan “pengajian” dengan tujuan untuk
mengumpulkan konsumen atau pelanggan setia agar bersama mendapatkan ilmu
serta memudahkan konsumen untuk membeli produk pada butik AL-FI 5.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui adanya pengaruh kualitas produk
dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada butik AL-FI 5. Penelitian
ini adalah penelitian kuantitatif dengan populasi dan total sampel sejumlah 141
responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan
menggunakan uji regresi linear berganda yang dibantu dengan menggunakan
program SPSS 20. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan
kuisioner dengan skala likert. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah
kualitas produk dan kualitas pelayanan berpengaruh secara parsial terhadap
kepuasan pelanggan butik AL-FI 5. Hasil penelitian menunjukkan kualitas produk
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan kualitas pelayanan
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan butik AL-FI 5. Terbukti
dengan hasil uji regresi yang dilakukan kualitas produk berpengaruh sebesar 0,146
terhadap kepuasan pelanggan sedangkan kualitas pelayanan berpengaruh secara
signifikan sebesar 0,566 terhadap kepuasan pelanggan.