PENGARUH NILAI PELANGGAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ALDOS DAN LOYALITAS PEMBELI
Abstract
PENGARUH NILAI PELANGGAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ALDOS
DAN LOYALITAS PEMBELI
Perusahaan CV Alami Indonesia Sejahtera adalah perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang
poduksi minuman ringan yaitu temulawak dan coffee beer. Salah satu produk yang dijual adalah
Aldos temulawak dan coffee beer. Minuman yang sudah ada sejak tahun 1985 tersebut telah
melakukan pemasaran pada area Jawa Barat, Bali, dan Jawa Timur khususnya Surabaya. Aldos
coffee beer merupakan minuman ringan khas Indonesia, dengan menggunakan bahan-bahan yang
asli dari Indonesia, perpaduan rasa caramel, cream, coffee, soda yang pas, dan tidak ada aroma
balsem yang membuat ciri khas dari coffee beer Aldos dibandingkan dengan kompetitornya, dan
sudah ada sejak lama mulai tahun 1985 sehingga minuman ringan Aldos coffee beer sudah melekat
di hati masyarakat Indonesia dari generasi ke generasi. Sehingga dengan mengutamakan mutu dan
kualitas membuat konsumen tetap percaya terhadap produk aldos hingga saat ini. Kemudian teori
yang digunakan adalah teori tentang variabel nilai pelanggan (variabel independen), teori tentang
variabel keputusan pembelian (variabel dependen), dan teori tentang variabel loyalitas pembeli
(variabel dependen). Sehingga rumusan masalah yang dipilih adalah bagaimana nilai pelanggan
berpengaruh terhadap kepuasan pembelian konsumen Aldos di Surabaya. Kemudian penelitian ini
menggunakan metode penelitian non probability sampling dengan teknik purposive sampling.
Sehingga hasil yang diperoleh adalah nilai pelanggan berpengaruh terhadap keputusan pembelian
konsumen Aldos coffee beer”dapat diterima karena uji t variabel sebesar”0,000 sehingga hipotesis
dapat diterima. Hal ini berarti dengan meningkatkan nilai pelanggan terhadap produk Aldos coffee
beer maka akan meningkatkan keputusan pembelian konsumen pada produk Aldos coffee beer.
Dan nilai pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas pembeli Aldos coffee beer” dapat diterima
karena uji t variabel sebesar”0,000 sehingga hipotesis dapat diterima. Hal ini berarti dengan
meningkatkan nilai pelanggan terhadap produk Aldos coffee beer maka akan meningkatkan
keputusan pembelian dan loyalitas konsumen pada produk Aldos coffee beer.