PENGARUH BRAND IMAGE, BRAND AWARENESS, DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP PURCHASE DECISION INDONESIA TECHNOLOGY TREND
Abstract
Indonesia Technology Trend adalah bisnis yang bergerak di bidang distribusi produk teknologi serta produk terkini lainnya. Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS) perkembangan indikator teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia setiap tahunnya meningkat terutama pada penggunaan teknologi informasi dan komunikasi bagian rumah tangga. Indonesia Technology Trend hadir untuk menjawab kebutuhan masyarakat khususnya pecinta teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh purchase decision yang dipengaruhi oleh beberapa faktor. Terdapat beberapa faktor yang memengaruhi purchase decision, yaitu brand image, brand awareness, dan persepsi harga. Dalam teori penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari (1) brand image terhadap purchase decision (2) brand awareness terhadap purchase decision (3) persepsi harga terhadap purchase decision konsumen Indonesia Technology Trend. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan kuesioner yang disebar kepada 108 responden sesuai dengan teknik pengambilan sampel yaitu sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan membagikan kuesioner melalui google form yang menggunakan skala likert 1-5. Alat analisis yang digunakan penelitian ini adalah IBM SPSS (Statistical Product and Service Solution) Statistics 25 dengan metode analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) brand image berpengaruh positif signifikan terhadap purchase decision (2) brand awareness tidak berpengaruh terhadap purchase decision (3) persepsi harga tidak berpengaruh terhadap purchase decision konsumen Indonesia Technology Trend.