ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN KEBUN TEH WONOSARI
Abstract
Dunia pariwisata merupakan salah satu industri terbesar di dunia,
perkembangan pariwisata memberikan pengaruh yang sangat besar bagi
perekonomian di setiap negara. Produk wisata di Jawa Timur yang sudah dikelola
secara profesional oleh pihak negara maupun swasta dan memiliki potensi besar
untuk terus berkembang adalah agrowisata atau wisata agro. Salah satu destinasi
agrowisata yang cukup lama eksistensinya di Jawa Timur adalah Kebun Teh
Wonosari yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yaitu Perseroan
Terbatas Perkebunan (PTP) Nusanara XII (Persero). Terdapat lima dimensi
kualitas menurut Parasuraman dalam Lupiyoadi (2006:183) yaitu tangible,
reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Berdasarkan dari penjabaran
tersebut, penulis ingin mencari pengaruh antara lima dimensi kualitas layanan
terhadap kepuasan pelanggan dari Kebun Teh Wonosari.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan untuk menganalisis
hubungan-hubungan variabel dengan variabel lainnya penelitian ini menggunakan
jenis penelitian eksplanatori. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh
pengunjung dari Kebun Teh Wonosari Lawang yang datang bermalam di Kebun
Teh Wonosari secara berkala mulai bulan Januari-April 2011 yaitu sebanyak 1995
orang. Setelah dilakukan perhitungan jumlah sampel dengan menggunakan rumus
Slovin menunjukan sebanyak 95 responden yang akan menjadi sampel dalam
penelitian ini. Kriteria-kriteria yang ditetapkan dalam pengambilan sampel adalah
pengunjung Kebun Teh Wonosari pada bulan Mei 2011 yang bermalam minimal
1 malam dan satu orang pengunjung hanya boleh mengisi kuesioner satu kali saja.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan regresi linier berganda sebagai alat
analisis.
Berdasarkan dari hasil analisa dan pembahasan, maka kesimpulan dari
penelitian ini adalah tangible dan reliability memberikan pengaruh terhadap
kepuasan pelanggan dari Kebun Teh Wonosari. Sedangkan ketiga variabel
kualitas layanan lainnya, yaitu responsiveness, assurance dan empathy, tidak
memberikan pengaruh terhadap kepuasan pelanggan dari Kebun Teh Wonosari.
Apabila kelima variabel kualitas layanan tersebut dihitung secara utuh sebagai
pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan, maka hasilnya
menunjukkan bahwa kualitas layanan mempengaruhi kepuasan pelanggan Kebun
Teh Wonosari.