| dc.contributor.author | PANDU’U, AZARIA ANINDITA | |
| dc.date.accessioned | 2022-01-28T02:09:21Z | |
| dc.date.available | 2022-01-28T02:09:21Z | |
| dc.date.issued | 2011 | |
| dc.identifier.uri | http://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/4359 | |
| dc.description | World tourism considers as one of the world's largest industry. The
development of tourism provides a huge influence on the economy condition in
each country. Tourism product in East Java has been professionally managed by
the state and private sectors and has a great potential to continue developing the
agro-tourism in the near future. One of the agro-tourism destination which is
quite long existence in East Java is the Garden Tea in Wonosari which managed
by State-Owned Enterprises (SOEs), such as Plantation Company Limited (PTP)
Nusanara XII (Persero). There are five dimensions of service quality according to
Parasuraman in Lupiyoadi (2006:183) that is tangible, reliability, responsiveness,
assurance, and empathy. Based on the explanations, the writer wants to look for
the influence between the five dimensions of service quality to the customer
satisfaction from the Garden Tea Wonosari.
This study uses quantitative method and to determine the sample, this
study uses non probability sampling methods. The population of this study is all of
the visitors in Tea Garden Wonosari Lawang who come to spend the night
regularly started from January to April 2011 as many as 1995 people. After
calculating the number of samples by using the Slovin formula, it shows that at
least 95 respondents will be taken in this study. Some criteria for the sampling are
Wonosari Tea Garden visitors during May 2011 who stay at least 1 night and
each of the visitors are allowed to fill out the questionnaire once. The writer also
uses multiple linear regressions as an analytical tool.
Based on the results of the analysis and discussion, the conclusion of this
study is that tangible and reliability variables give influence to the customer
satisfaction of the Garden Tea Wonosari. Based on the results of the analysis and
discussion, the conclusion of this study is that tangible and reliability variables
give influence to the customer satisfaction of the Garden Tea Wonosari. When all
five variables of service quality as a whole being calculated as the effect of
service quality to the customer satisfaction, the results indicate that service
quality affects customer satisfaction Wonosari Tea Gardens. | en_US |
| dc.description.abstract | Dunia pariwisata merupakan salah satu industri terbesar di dunia,
perkembangan pariwisata memberikan pengaruh yang sangat besar bagi
perekonomian di setiap negara. Produk wisata di Jawa Timur yang sudah dikelola
secara profesional oleh pihak negara maupun swasta dan memiliki potensi besar
untuk terus berkembang adalah agrowisata atau wisata agro. Salah satu destinasi
agrowisata yang cukup lama eksistensinya di Jawa Timur adalah Kebun Teh
Wonosari yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yaitu Perseroan
Terbatas Perkebunan (PTP) Nusanara XII (Persero). Terdapat lima dimensi
kualitas menurut Parasuraman dalam Lupiyoadi (2006:183) yaitu tangible,
reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Berdasarkan dari penjabaran
tersebut, penulis ingin mencari pengaruh antara lima dimensi kualitas layanan
terhadap kepuasan pelanggan dari Kebun Teh Wonosari.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan untuk menganalisis
hubungan-hubungan variabel dengan variabel lainnya penelitian ini menggunakan
jenis penelitian eksplanatori. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh
pengunjung dari Kebun Teh Wonosari Lawang yang datang bermalam di Kebun
Teh Wonosari secara berkala mulai bulan Januari-April 2011 yaitu sebanyak 1995
orang. Setelah dilakukan perhitungan jumlah sampel dengan menggunakan rumus
Slovin menunjukan sebanyak 95 responden yang akan menjadi sampel dalam
penelitian ini. Kriteria-kriteria yang ditetapkan dalam pengambilan sampel adalah
pengunjung Kebun Teh Wonosari pada bulan Mei 2011 yang bermalam minimal
1 malam dan satu orang pengunjung hanya boleh mengisi kuesioner satu kali saja.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan regresi linier berganda sebagai alat
analisis.
Berdasarkan dari hasil analisa dan pembahasan, maka kesimpulan dari
penelitian ini adalah tangible dan reliability memberikan pengaruh terhadap
kepuasan pelanggan dari Kebun Teh Wonosari. Sedangkan ketiga variabel
kualitas layanan lainnya, yaitu responsiveness, assurance dan empathy, tidak
memberikan pengaruh terhadap kepuasan pelanggan dari Kebun Teh Wonosari.
Apabila kelima variabel kualitas layanan tersebut dihitung secara utuh sebagai
pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan, maka hasilnya
menunjukkan bahwa kualitas layanan mempengaruhi kepuasan pelanggan Kebun
Teh Wonosari. | en_US |
| dc.language.iso | id | en_US |
| dc.publisher | Universitas Ciputra Surabaya | en_US |
| dc.subject | Agrowisata | en_US |
| dc.subject | Kebun Teh Wonosari | en_US |
| dc.subject | Kualitas Layanan | en_US |
| dc.subject | Kepuasan Pelanggan | en_US |
| dc.title | ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN KEBUN TEH WONOSARI | en_US |
| dc.type | Thesis | en_US |
| dc.identifier.nidn | 0712037903 | |
| dc.identifier.kodeprodi | 93202 | |
| dc.identifier.nim | 10207047 | |
| dc.identifier.dosenpembimbing | AGOES TINUS LIS INDRIANTO | |