EFEK MENU DESAIN SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI KONSUMEN DI RESTORAN "X" DI SURABAYA
Abstract
Penelitian ini merupakan analisa efek dari desain sebuah menu terutama dalam cara
penulisan nama makanan dan minuman, ejaan huruf yang benar, pemakaian bahasa asing
dalam menu, dan kelengkapan informasi di dalam menu itu sendiri sebagai salah satu alat
untuk menarik konsumen untuk datang ke restoran dan membeli sebanyak mungkin menu
yang ditawarkan dan juga supaya menjadi alat agar konsumen datang dan berkunjung lagi
ke restoran tersebut untuk kali berikutnya. Penelitian ini dibuat secara kuantitatif di
sebuah restoran yang bertemakan cina dan cukup memiliki nama, popularitas dan cabang
di Indonesia; dalam prosesnya penulis mendapatkan informasi tentang menu langsung
dari pihak restoran sedangkan penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner di
dalam maupun di luar restoran. Bab kedua berisikan tentang landasan teori yang penulis
gunakan dalam penelitian. Bab ketiga berisikan tentang metodologi penelitian kualitatif.
Sedangkan Bab ke empat adalah analisa dari penelitian dan permasalahan yang ada di
dalam penelitian; dan Bab ke lima merupakan kesimpulan daripada semua penelitian
yang telah dilakukan dan saran yang membangun bagi pihak restaurant dan apa yang
telah dipelajari oleh penulis sendiri.