ANALISIS PENGARUH KEPUTUSAN PEMBELIAN FRANCHISE BROKER DAN AKTIVITAS RELATIONSHIP BONDING TERHADAP REPEAT CUSTOMER DI COFFEE BEAN & TEA LEAF SURABAYA
Abstract
ANALISIS PENGARUH KEPUTUSAN PEMBELIAN FRANCHISE
BROKER DAN AKTIVITAS RELATIONSHIP BONDING TERHADAP
REPEAT CUSTOMER DI COFFEE BEAN & TEA LEAF SURABAYA
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah keputusan pembelian
franchise broker dan aktivitas relationship bonding berpengaruh terhadap repeat
customer di Coffee Bean & Tea Leaf. Populasi yang diterapkan dalam penelitian
ini yaitu konsumen yang pernah menikmati Coffee Bean & Tea Leaf sebanyak
minimal dua kali. Sedangkan, sampel yang diteliti peneliti adalah 200 konsumen
Coffee Bean & Tea Leaf yang berusia 12 tahun ke atas dengan asumsi bahwa pada
usia tersebut konsumen telah dapat menyatakan pendapat secara jelas dan
obyektif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode
pembagian angket/kuesioner yang menggunakan instrumen skala likert. Variabel
penelitian yang digunakan peneliti yaitu variabel keputusan pembelian franchise
broker dan aktivitas relationship bonding sebagai variabel independen serta
variabel repeat customer sebagai variabel dependen. Selanjutnya, peneliti
mengolah data hasil penelitian menggunakan SPSS 18 untuk memperoleh
kesimpulan yang signifikan berdasarkan hasil penelitian tersebut. Berdasarkan
pengujian hipotesis yang telah dihitung menggunakan SPSS 18 tersebut, maka
dapat disimpulkan hasil penelitiannya yaitu bahwa keputusan pembelian franchise
broker tidak berpengaruh terhadap adanya repeat customer karena responden
mengunjungi Coffee Bean & Tea Leaf disebabkan oleh pelayanan, produk, dan
terutama suasana yang terdapat di Coffee Bean & Tea Leaf. Sedangkan variabel
aktivitas relationship bonding menunjukkan bahwa variabel tersebut berpengaruh
terhadap terjadinya repeat customer yang terlihat melalui usaha dari kafe tersebut
dalam membangun hubungan dengan konsumennya. Namun secara keseluruhan,
keputusan pembelian franchise broker dan aktivitas relationship bonding
berpengaruh terhadap repeat customer karena kedua hal tersebut jika dilakukan
secara bersamaan, maka secara efektif dapat terus menambah jumlah repeat
customer Coffee Bean & Tea Leaf
