ANALISA STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PERTUMBUHAN RESTORAN PLATINUM GRILL
Abstract
Perkembangan dari bisnis kuliner di era globalisasi ini berkembang dengan
cepat. Dikarenakan pengembalian modal yang cepat di bisnis kuliner ini, banyak
orang ingin menjalankan sektor ini. Persaingan di sektor ini bertumbuh lebih
tinggi dan semakin tinggi sesuai dengan kebutuhan yang kompleks dan beragam
kebutuhan manusia. Oleh karena fenomena ini, setiap restoran harus memiliki ciri
khas, memiliki kualitas yang baik dan yang paling penting adalah kemampuan
untuk mempertahankan pelanggan mereka, bukan hanya produk (menu) dan dari
sudut pandang servis, tetapi juga dari trademark yang ditawarkan kepada
pelanggan sehingga pelanggan merasa senang dan puas.
Salah satu restoran fine dining di Surabaya yang selalu ramai oleh
pelanggan adalah Platinum Grill. Platinum Grill menawarkan makanan dan wine
yang terbaik di Surabaya. Restoran ini dibuka pada bulan Oktober 2008 dan
memiliki strategi yang unik untuk membuat pelanggan mereka kembali.
Restaurant ini selalu ramai pada akhir pekan (Jumat, Sabtu dan Minggu) dan
hampir penuh pada hari lainnya. Pada umumnya pelanggan selalu memesan
tempat pada satu atau dua hari sebelumnya, dan kadang-kadang seminggu
sebelumnya dan banyak pelanggan yang makan di restoran ini dua kali dalam
seminggu. Berdasarkan data yang dikumpulkan dari bulan Januari hingga bulan
Juni 2010, terjadi peningkatan pada penjualan dan juga pada rata-rata
pembelanjaan pelanggan. Satu hal yang dapat ditemukan adalah bahwa tidak
adanya departemen pemasaran di restoran Platinum Grill dalam bagan
organisasinya. Dan bagaimana hal itu dapat terjadi, sedangkan pada bisnis kuliner
peranan bagian pemasaran sangatlah diperlukan.
Berdasarkan fakta dan temuan, akan menjadi suatu kegiatan yang menarik
dalam mengeksplorasi dan menganalisis strategi pemasaran yang digunakan oleh
restaurant Platinum Grill untuk meningkatkan penjualan mereka (berdasarkan
data), meskipun departemen pemasaran tidak termasuk dalam bagan organisasi
mereka. Penelitian ini dilakukan untuk menentukan parameter dari strategi
pemasaran baru yang Platinum Grill gunakan untuk meningkatkan penjualan
mereka, khususnya untuk teori New Wave Marketing dari Hermawan Kertajaya.
Penelitian ini dilakukan dalam metode kualitatif dengan metode wawancara,
observasi, mengumpulkan literatur dan data pendukung dari perusahaan. Teknik
analisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif.