| dc.contributor.author | KARUNIAWATI, KUNCORO EKA | |
| dc.date.accessioned | 2022-02-02T06:22:34Z | |
| dc.date.available | 2022-02-02T06:22:34Z | |
| dc.date.issued | 2011 | |
| dc.identifier.uri | http://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/4424 | |
| dc.description | This thesis is written by the writer as the requirements to obtain the
Bachelor degree of Economic major in Tourism and Hotel Management of
Universitas Ciputra, Surabaya, Indonesia and in Hogeschool Inholland, Haarlem,
the Netherlands.
The development of culinary business in this globalization era is expanded
rapidly. Due to the fast capital turn over in this business, a lot of people desired to
run this sector. The competition on this sector is growing higher and higher in
accordance with the more complex and vary needs of human. Because of that
phenomenon, each restaurant needs to be different, has a good quality and the
most important thing is able to maintain it for their customers, not only from the
product (menu) and service point of views, but also from the trademark that they
offered so that the customers will be happy and satisfied.
One of the fine dining restaurants in Surabaya that is always crowded by
their customers is Platinum Grill. They prepare the most beautiful, nicest and the
best food on their board and the best wine in this town. This restaurant that
opened in October 2008 has a unique strategy for making their customers return.
It is always fully reserved on the weekend (Fridays, Saturdays, and Sundays) and
almost full on the other regular days. Usually the customers reserve one or two
days in advance, sometimes a week before and many customers dine at this
restaurant twice a week. Based on the data collected from January until June 2010,
there is anincrease on the sales and also on the average spending of guest. One can
find that there is no marketing department on the organization chart of Platinum
Grill restaurant. The question is how it could happen, while in a culinary business
marketing is necessary.
Based on the fact and findings, it will be interesting to explore and analyze
the marketing strategy that Platinum Grill restaurant has been using to increase
their sales (based on the data), although marketing department is not included in
their organizational chart. This research was conducted to determine about the
parameter of the new marketing strategy that Platinum Grill has been using to
increase their sales, specially for New Wave Marketing theory from Hermawan
Kertajaya. This research is done in qualitative method by doing interview,
observation, and collecting supporting literature and company’s data. The analysis
technique use descriptive qualitative analysis. | en_US |
| dc.description.abstract | Perkembangan dari bisnis kuliner di era globalisasi ini berkembang dengan
cepat. Dikarenakan pengembalian modal yang cepat di bisnis kuliner ini, banyak
orang ingin menjalankan sektor ini. Persaingan di sektor ini bertumbuh lebih
tinggi dan semakin tinggi sesuai dengan kebutuhan yang kompleks dan beragam
kebutuhan manusia. Oleh karena fenomena ini, setiap restoran harus memiliki ciri
khas, memiliki kualitas yang baik dan yang paling penting adalah kemampuan
untuk mempertahankan pelanggan mereka, bukan hanya produk (menu) dan dari
sudut pandang servis, tetapi juga dari trademark yang ditawarkan kepada
pelanggan sehingga pelanggan merasa senang dan puas.
Salah satu restoran fine dining di Surabaya yang selalu ramai oleh
pelanggan adalah Platinum Grill. Platinum Grill menawarkan makanan dan wine
yang terbaik di Surabaya. Restoran ini dibuka pada bulan Oktober 2008 dan
memiliki strategi yang unik untuk membuat pelanggan mereka kembali.
Restaurant ini selalu ramai pada akhir pekan (Jumat, Sabtu dan Minggu) dan
hampir penuh pada hari lainnya. Pada umumnya pelanggan selalu memesan
tempat pada satu atau dua hari sebelumnya, dan kadang-kadang seminggu
sebelumnya dan banyak pelanggan yang makan di restoran ini dua kali dalam
seminggu. Berdasarkan data yang dikumpulkan dari bulan Januari hingga bulan
Juni 2010, terjadi peningkatan pada penjualan dan juga pada rata-rata
pembelanjaan pelanggan. Satu hal yang dapat ditemukan adalah bahwa tidak
adanya departemen pemasaran di restoran Platinum Grill dalam bagan
organisasinya. Dan bagaimana hal itu dapat terjadi, sedangkan pada bisnis kuliner
peranan bagian pemasaran sangatlah diperlukan.
Berdasarkan fakta dan temuan, akan menjadi suatu kegiatan yang menarik
dalam mengeksplorasi dan menganalisis strategi pemasaran yang digunakan oleh
restaurant Platinum Grill untuk meningkatkan penjualan mereka (berdasarkan
data), meskipun departemen pemasaran tidak termasuk dalam bagan organisasi
mereka. Penelitian ini dilakukan untuk menentukan parameter dari strategi
pemasaran baru yang Platinum Grill gunakan untuk meningkatkan penjualan
mereka, khususnya untuk teori New Wave Marketing dari Hermawan Kertajaya.
Penelitian ini dilakukan dalam metode kualitatif dengan metode wawancara,
observasi, mengumpulkan literatur dan data pendukung dari perusahaan. Teknik
analisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. | en_US |
| dc.language.iso | id | en_US |
| dc.publisher | Universitas Ciputra Surabaya | en_US |
| dc.subject | strategi marketing | en_US |
| dc.title | ANALISA STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PERTUMBUHAN RESTORAN PLATINUM GRILL | en_US |
| dc.type | Thesis | en_US |
| dc.identifier.nidn | 0721046003 | |
| dc.identifier.kodeprodi | 93202 | |
| dc.identifier.nim | 10206029 | |
| dc.identifier.dosenpembimbing | JULIUSKA SAHERTIAN | |