PERSEPSI KONSUMEN DAN KREATIVITAS DI BIDANG CAKE ART PLASTIC ICING TERHADAP BRAND IMAGE BAKERY SHOP DI SURABAYA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah persepsi konsumen dan
kreativitas di bidang cake art plastic icing berpengaruh terhadap brand image
bakery shop di Surabaya. Populasi yang ditetapkan pada penelitian ini yaitu
konsumen custom cake art plastic icing bakery shop di Surabaya. Jumlah sampel
yang diteliti berjumlah 138 orang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan skala Likert. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
variabel persepsi konsumen dan variabel kreativitas sebagai variabel independen
dan variabel brand image sebagai variabel dependen. Penulis mengolah data hasil
penelitian dengan menggunakan program SPSS 18 untuk memperoleh kesimpulan
yang signifikan dari hasil penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh
dari perhitungan program SPSS 18, dapat disimpulkan bahwa variabel persepsi
konsumen memiliki pengaruh terhadap brand image bakery shop di Surabaya
karena konsumen memiliki ekspektasi yang tinggi dan kesadaran akan kebutuhan
produk cake art plastic icing. Sedangkan variabel kreativitas tidak memiliki
pengaruh terhadap brand image bakery shop di Surabaya dikarenakan faktor
originalitas yang dirasa konsumen masih belum dimiliki oleh bakery shop di
Surabaya.
