| dc.contributor.author | DWIYANTI, STEPHANIE | |
| dc.date.accessioned | 2022-02-03T04:17:37Z | |
| dc.date.available | 2022-02-03T04:17:37Z | |
| dc.date.issued | 2011 | |
| dc.identifier.uri | http://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/4452 | |
| dc.description | Tourism has been a part of human life. Human being need a leisure to relax their
mind and escape from their daily activities. Based on that fact, the development of
Tourism in indonesia has increased rapidly. The variety of natural beauty and culture of
Indonesia enhance the value of tourism itself. One of the city in Indonesia that has a
potential tourism objects is Malang. Malang was known as a city of tourism because of
the nature, the atmosphere, and the weather. So that, Malang has many tourism objects
that has been developed well in the suburbs area. Unfortunately, the tourism objects
that located in the centre of city got lack of attention from City Goverment. So that, the
development of this tourism objects in this area did not develop as well as in the
suburbs area. For example, the area of Wiromargo Street that has been inhabited for a
long time by Tionghoa’s society, had a potential market as a tourist attraction. This area
could be an interesting tourism object such as Chinatown. Chinatown had a fascinating
attraction for tourist as a culinary trip and culture festival that included a souvenir shop
in that area. This Wiromargo street is a area which still has a cultural heritage of
Tionghoa that can be seen from the exterior and interior of houses and sometimes this
area was used as a research.This research was intended to know the opportunities of the
new tourism object in Malang named Chinatown, to see the potential market of this
attraction, to analyze and review the society enthusiasm about this new attraction in
Malang. Beside that, the research aimed to make a right decision in marketing strategy
for the improvement ot the new tourism object either. Based on the result of the
research, Chinatown had a potential market and high opportunities in Malang, the
reviews about the enthusiasm of society were good and the marketing strategy for
Chinatown was give a different variation of culture festival. | en_US |
| dc.description.abstract | Wisata telah menjadi bagian hidup dari manusia. Setiap manusia membutuhkan
wisata untuk melepaskan kejenuhan dari hidup. Berdasarkan fakta inilah pariwisata di
Indonesia berkembang dengan pesat. Aneka ragam keindahan alam dan budaya
Indonesia menambahkan nilai tersendiri dalam dunia pariwisata. Salah satu kota di
Indonesia yang memiliki pariwisata yang berkembang adalah pariwisata kota Malang.
Malang dikenal dengan sebagai kota wisata, karena kondisi alam yang bersih dan sejuk.
Sehingga Malang memiliki banyak objek wisata yang berkembang terutama di daerah
pinggiran kota. Namun sangat disayangkan objek wisata yang ada di dalam kota kurang
mendapatkan perhatian dari pemerintah. Sehingga objek wisata ini tidak dapat
berkembang atau belum dikembangkan seperti yang berada di pinggiran kota. Seperti
contohnya daerah Jalan Wiromargo yang didiami oleh masyarakat Tionghoa dapat
menjadi sebuah objek wisata yang menarik apabila di olah menjadi sebuah Chinatown.
Pariwisata Chinatown yang memiliki daya tarik sebagai wisata kuliner dan festival
budaya yang diperlengkapi dengan penjualan souvenir. Jalan Wiromargo ini
merupakan kawasan yang masih memiliki warisan budaya Tionghoa melaui bentuk
rumah mereka, dan hal inilah yang menjadikan kawasan ini objek penelitian.Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada potensi Chinatown menjadi objek wisata
baru di kota Malang. Dan untuk mengetahui ada tidaknya potensi dibukanya pariwisata
Chinatown di kota Malang ini, penelitian ini meneliti minat masyarakat terhadap
pariwisata Chinatown ini. Serta menganalisa bagaimana cara pemasaran yang baik agar
memiliki pengunjung yang banyak.Berdasarkan hasil penelitian minat masyarakat kota
Malang tinggi terhadap pariwisata ini serta potensi dibukanya pariwisata ini juga besar,
sedangkan cara pemasarannya dilakukan dengan memberikan variasi yang berbeda
terhadap festival budayanya. | en_US |
| dc.language.iso | id | en_US |
| dc.publisher | Universitas Ciputra Surabaya | en_US |
| dc.subject | Potensi Chinatown Malang | en_US |
| dc.subject | Chinatown kota Malang | en_US |
| dc.title | ANALISA POTENSI PARIWISATA CHINATOWN DI KOTA MALANG SEBAGAI PARIWISATA BARU KOTA MALANG | en_US |
| dc.type | Thesis | en_US |
| dc.identifier.nidn | 0712037903 | |
| dc.identifier.kodeprodi | 93202 | |
| dc.identifier.nim | 10207032 | |
| dc.identifier.dosenpembimbing | AGOES TINUS LIS INDRIANTO | |