| dc.contributor.author | MAHARANI, STEVANI AYU | |
| dc.date.accessioned | 2022-02-03T04:45:48Z | |
| dc.date.available | 2022-02-03T04:45:48Z | |
| dc.date.issued | 2011 | |
| dc.identifier.uri | http://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/4456 | |
| dc.description | Exotic Beauty Spa is a spa business plan with a different, interesting and
unique concept. As a business which mainly offers its service, the first thing
which has to be put as a priority is the quality of the service. The spa business
discussed in this business plan is a spa with a one stop service concept. Besides
providing body treatment, Exotic Beauty Spa is cooperated with Exotic Yoga and
Pilates to provide fitness treatment. In addition, Exotic also provides Bali
destination beauty, in which any consumer gets to enjoy a spa treatment combined
with various kinds of other spoiling activities and not to mention the
accommodation. This theme spa concept also offers various menus for body
massage, such as: Balinese massage, Thai massage, reflexology and Indian head
massage.
The increasing number of female workers influences the growth of the
spa business. As their level of work stress increases, the need for body treatment
and relaxation elevates as well. Besides, the raising income of the society also
guarantees a promising prospect for the business as people of upper-middle class
no longer consider spa as an expensive treatment. They have made it as a part of
their lifestyle, which needs to be done continuously and routinely.
The core of this spa business is service. Thus, the quality of its service
covering highly skilled staff, proper facilities and supporting atmosphere must be
put at the top priority. Besides, it requires a proper promotion facility to reach the
market.
Surabaya, especially west side of Surabaya, has a high potential market
for the spa business. It is shown by the increasing number of aesthetic center
spreading all over Surabaya. They are usually crowded on weekdays and even
busier on weekends and holidays.
The biggest challenge of the spa business, especially for the beginners. Is
how to convince people to try the service. Most consumers in Surabaya are very
sensitive and critical when it comes to the service quality, promotion, and price. A
spa center which understands what consumers want and need will win spa lovers’
trust and becomes the best among its competitors. | en_US |
| dc.description.abstract | Exotic Beauty Spa adalah suatu rancangan bisnis spa dengan konsep yang
berbeda, unik, dan menarik. Jenis bisnis spa yang akan dibahas pada rencana
bisnis ini adalah konsep spa dengan “one stop service”dimana selain
menyediakan jasa perawatan tubuh, Exotic Beauty Spa bekerjasama dengan
Exotic Yoga dan Pilates untuk menyediakan perawatan kebugaran tubuh. Selain
itu Exotic juga menyediakan paket destination beauty dimana konsumen dapat
menikmati perawatan spa yang dikombinasikan dengan berbagai jenis kegiatan
menarik lengkap dengan akomodasinya. Konsep tematik spa juga berusaha
ditampilkan melalui pelayanan body massage yang bervariasi mulai dari Balinese
massage, Thai massage, reflexology, serta Indian head massage.
Perkembangan bisnis ini sangat erat kaitannya dengan semakin banyaknya
jumlah tenaga kerja wanita, sehingga tingkat stress meningkat dan keinginan
untuk melakukan perawatan serta relaksasi semakin tinggi pula. Naiknya jumlah
pendapatan masyarakat juga menjadi penyebab bisnis ini mulai banyak diminati
khususnya oleh masyarakat kelas menengah ke atas yang menjadikan perawatan
tubuh dan kecantikan sebagai gaya hidup yang dilakukan secara rutin.
Inti utama dari bisnis ini adalah pelayanan, oleh sebab itu untuk menarik
konsumen, hal yang harus diutamakan adalah kualitas jasa yang ditawarkan
termasuk tenaga kerja yang mendukung, fasilitas yang memadai, serta suasana
yang menunjang. Selain itu dibutuhkan sarana promosi yang menarik untuk
menjangkau pasar.
Surabaya, khususnya Surabaya Barat memiliki pangsa pasar yang tinggi
untuk bisnis spa ini, hal ini dapat dilihat dari semakin banyak dan berkembangnya
tempat-tempat estetika atau perawatan kecantikan di Surabaya yang juga
didukung oleh jumlah konsumen yang cukup tinggi setiap harinya, terutama untuk
weekend atau hari-hari libur.
Tantangan terbesar dari bisnis spa, khususnya bagi pemain baru adalah
bagaimana meyakinkan masyarakat untuk mau mencoba perawatan di tempat spa
tersebut, karena kebanyakan konsumen Surabaya sangat sensitif dengan sedikit
saja perbedaan kualitas pelayanan, promosi, dan termasuk harga. Tempat spa yang
peka terhadap kebutuhan dan keinginan konsumennya akan dipercaya oleh
masyarakat pecinta spa dan menjadi unggulan diantara pesaing-pesaingnya. | en_US |
| dc.language.iso | id | en_US |
| dc.publisher | Universitas Ciputra Surabaya | en_US |
| dc.subject | Spa | en_US |
| dc.subject | Perawatan | en_US |
| dc.subject | Konsumen | en_US |
| dc.subject | Penawaran | en_US |
| dc.subject | Pijat | en_US |
| dc.subject | Kecantikan | en_US |
| dc.title | EXOTIC BEAUTY SPA | en_US |
| dc.type | Thesis | en_US |
| dc.identifier.nidn | 0712037903 | |
| dc.identifier.kodeprodi | 93202 | |
| dc.identifier.nim | 10207025 | |
| dc.identifier.dosenpembimbing | AGOES TINUS LIS INDRIANTO | |