THE SENTINEL TAVERN
Abstract
Perencanaan bisnis ini dibuat untuk mengetahui berhasil atau tidaknya suatu 
bisnis bila diimplementasikan di dunia nyata, dalam hal ini adalah The Sentinel 
Tavern sebagai bisnis kategori restoran bertema classic tavern yang menyediakan 
menu variasi steak dan minuman non-alkohol hingga beralkohol. Penulis telah 
melakukan beberapa cara untuk mencari jawabannya, yaitu dengan 
mengidentifikasi keunggulan kompetitif seperti apakah yang membuat The 
Sentinel Tavern dapat berkompetisi di dunia kuliner di Surabaya, melakukan 
analisa pasar, pelanggan, dan kompetitor salah satu cara untuk mengetahui tingkat 
potensi keberhasilan The Sentinel Tavern. Setiap perusahaan selalu memiliki 
kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman (SWOT) yang berbeda-beda setiap 
perusahaan. Peniliti mendefinisikan SWOT The Sentinel Tavern guna mengetahui 
langkah-langkah apa saja yang dapat dikerahkan untuk mengoptimalkan kekuatan, 
memperkecil kelemahan, memanfaatkan peluang seoptimal mungkin serta 
menanggulangi kemungkinan ancaman yang akan timbul baik dari dalam maupun 
luar perusahaan. 
Selain SWOT sebagai salah satu faktor penentu layak atau tidaknya The 
Sentinel Tavern, peniliti juga melakukan Bauran Pemasaran,yang terdiri dari 
menempatkan produk, harga, distribusi, promosi. Kesimpulan yang dapat diambil 
dari hasil Bauran Pemasaran, produk makanan dan minuman yang ditawarkan 
dapat terjangkau oleh konsumen yang sesuai dengan target market The Sentinel 
Tavern.
The Sentinel Tavern memiliki visi misi yang jelas, yang gunanya sebagai 
acuan keberhasilan suatu perusahaan. Dengan adanya visi misi, maka progam progam yang akan dilaksanakan jelas tujuannya. Berdasar pada tema interior 
classic tavern sangat besar kemungkinan bahwa minat masyarakat kota Surabaya 
sangat antusias untuk mencoba makanan dan minuman yang ditawarkan oleh The 
Sentinel Tavern. Diperkirakan calon konsumen kebanyakan merupakan para 
pekerja eksekutif yang bekerja dan tinggal di wilayah Surabaya Barat.
