THE SENTINEL TAVERN
Abstract
Perencanaan bisnis ini dibuat untuk mengetahui berhasil atau tidaknya suatu
bisnis bila diimplementasikan di dunia nyata, dalam hal ini adalah The Sentinel
Tavern sebagai bisnis kategori restoran bertema classic tavern yang menyediakan
menu variasi steak dan minuman non-alkohol hingga beralkohol. Penulis telah
melakukan beberapa cara untuk mencari jawabannya, yaitu dengan
mengidentifikasi keunggulan kompetitif seperti apakah yang membuat The
Sentinel Tavern dapat berkompetisi di dunia kuliner di Surabaya, melakukan
analisa pasar, pelanggan, dan kompetitor salah satu cara untuk mengetahui tingkat
potensi keberhasilan The Sentinel Tavern. Setiap perusahaan selalu memiliki
kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman (SWOT) yang berbeda-beda setiap
perusahaan. Peniliti mendefinisikan SWOT The Sentinel Tavern guna mengetahui
langkah-langkah apa saja yang dapat dikerahkan untuk mengoptimalkan kekuatan,
memperkecil kelemahan, memanfaatkan peluang seoptimal mungkin serta
menanggulangi kemungkinan ancaman yang akan timbul baik dari dalam maupun
luar perusahaan.
Selain SWOT sebagai salah satu faktor penentu layak atau tidaknya The
Sentinel Tavern, peniliti juga melakukan Bauran Pemasaran,yang terdiri dari
menempatkan produk, harga, distribusi, promosi. Kesimpulan yang dapat diambil
dari hasil Bauran Pemasaran, produk makanan dan minuman yang ditawarkan
dapat terjangkau oleh konsumen yang sesuai dengan target market The Sentinel
Tavern.
The Sentinel Tavern memiliki visi misi yang jelas, yang gunanya sebagai
acuan keberhasilan suatu perusahaan. Dengan adanya visi misi, maka progam progam yang akan dilaksanakan jelas tujuannya. Berdasar pada tema interior
classic tavern sangat besar kemungkinan bahwa minat masyarakat kota Surabaya
sangat antusias untuk mencoba makanan dan minuman yang ditawarkan oleh The
Sentinel Tavern. Diperkirakan calon konsumen kebanyakan merupakan para
pekerja eksekutif yang bekerja dan tinggal di wilayah Surabaya Barat.