PEMILIHAN PEMASOK DENGAN PENDEKATAN ANALYTIC HIERARCHY PROCESS PADA USAHA BATIK CANTING
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memilih pemasok yang diprioritaskan sesuai
kriteria yang ditentukan pada usaha Batik Canting dengan pendekatan Analytic
Hierarchy Process. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara
mendalam, kuesioner, dokumentasi dan penelitian kepustakaan. Narasumber
ditentukan melalui teknik jugjement sampling dengan memilih dua orang dari
internal perusahaan sebagai informan dalam pengisian kuesioner dan tiga orang
dari eksternal perusahaan sebagai informan referensi kriteria dalam pemilihan
pemasok. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan cara teori kepustakaan
mengenai Analytic Hierarchy Process (AHP) yang dibantu dengan program
Expert Choice 11. Dokumentasi yang digunakan pada penelitian ini berupa
dokumen-dokumen pendukung dari perhitungan AHP, transkrip wawancara, dan
data internal perusahaan. Hasil dari penelitian ini adalah Bapak Ila Iskandar
dijadikan prioritas pemasok usaha Batik Canting karena memiliki bobot prioritas
terbesar yaitu 50,1% berdasarkan keseluruhan analisis kriteria dan subkriteria
kualitas, pengiriman, dan harga. Perusahaan disarankan untuk memilih pemasok
yang memprioritaskan kualitas untuk meningkatkan kepuasan dan persepsi
konsumennya.