PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MR.BERAS
Abstract
Dunia industri komoditas saat ini berkembang dengan cukup pesat di Indonesia.
Dalam bidang beras khususnya karena beras merupakan makanan pokok khususnya
bagi masyarakat Indonesia. Produksi beras di Indonesia yang selalu menunjukkan
peningkatan yang cukup pesat menghasilkan kompetitor sejenis dalam bidang ini.
Seiring dengan berjalannya waktu, perubahan iklim membuat kualitas beras
menjadi tidak menentu dan tidak stabil. Hal tersebut mempengaruhi harga beras
yang menjadi bahan pokok makanan di Indonesia. Dalam industri komoditas
khususnya beras sangat memperhatikan kualitas beras dan harga yang diberikan
kepada konsumen. Kedua hal tersebut menjadi bagian terpenting dalam persaingan
di industri komoditas beras. Melihat banyaknya pesaing yang sejenis tentu
membuat konsumen lebih selektif dalam mempertimbangkan kualitas produk dan
harga untuk melakukan sebuah keputusan pembelian. Tujuan dalam penelitian ini
untuk mengetahui kualitas produk dan harga yang berpengaruh terhadap keputusan
pembelian di Mr.Beras. Penelitian ini mengunakan metode penelitian kuantitatif
dengan kuisioner sebagai metode pengumpulan data. Sampel yang digunakan
dalam penelitian ini sebanyak 60 orang konsumen Mr.Beras periode Febuari 2018
hingga Juni 2018. Untuk metode analisis data penelitian ini menggunakan Regresi
Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas produk dan
variabel harga berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian.