ATRIBUT YANG MNEJADI PERTIMBANGAN PELANGGAN BUSINESS TO BUSINESS (B2B) DALAM MENENTUKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KUE KUPING GAJAH
Abstract
Penelitan ini bertujuan untuk menganalisa atribut manakah yang menjadi pertimbangan pelanggan B to B dalam menentukan keputusan pembelian kue kuping gajah. Atribut yang dibahas dalam penelitian ini ada empat, yaitu: kualitas produk, harga, merek dan kualitas pelayanan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan conjoint analisis yang melibatkan proses memproduksi data preferensi dengan menggunakan pasar hipotesis.
Populasi dalam penelitian ini adalah atribut pertimbangan dari 32 pengusaha makanan ringan di Surabaya dalam menentukan keputusan pembelian kue kuping gajah. Sampel dalam penelitian ini menggunakan keseluruhan dari sampel yang berjumlah 32 pengusaha makanan ringan di Surabaya sehingga sampel merupakan sampel jenuh.
Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti memberikan kesimpulan bahwa kombinasi yang paling penting menurut pelanggan B to B kue kuping gajah di Surabaya adalah kue kuping gajah dengan rasa enak, harga yang dapat ditawar, merek yang terkenal serta layanan retur.