PENGARUH BRAND, HARGA & PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI PAKET WISATA DI WITA TOUR SURABAYA
Abstract
Persaingan bisnis perusahaan travel di Indonesia terutama di Surabaya semakin
sengit. Berdasarkan data BPS, Kota Surabaya telah memiliki 335 perusahaan
travel yang bertugas untuk membuat atau menyusun paket wisata destinasi
liburan. Pihak manajemen perusahaan memiliki harapan agar omzet penjualan
paket wisata Wita Tour tetap stabil meningkat 10% tiap tahunnya dan
memenangkan persaingan dengan perusahaan lain. Oleh karena itu, keputusan
pembelian konsumen menjadi penting bagi perusahaan Wita Tour karena semakin
banyak konsumen yang membeli, maka perusahaan dapat memenangkan
persaingan. Tujuan dari penelitian ini agar mengetahui pengaruh dari variabel
brand, harga, dan promosi. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner
dan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan
populasi sebanyak 300 orang dan sampel sebanyak 75 orang. Hasil dari penelitian
ini menunjukkan bahwa variabel brand, harga, dan promosi berpengaruh positif
dan signifikan terhadap keputusan konsumen membeli paket wisata di Wita Tour
Surabaya.