PENGARUH CONTEXT, COMMUNICATION, COLLABORATION, DAN CONNECTION DALAM MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DI CIPUTRA WORLD APARTEMEN SURABAYA
Abstract
Ciputra World Apartemen Surabaya merupakan perusahaan developer yang
memenuhi kebutuhan hunian masyarakat Surabaya. Ciputra World Apartemen
Surabaya menjadi salah satu dari apartemen kelas menengah keatas di Surabaya
yang menggunakan media sosial Instagram untuk mempromosikan produk yang
mereka miliki. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari
4C (Context, Communication, Collaboration, dan Connection) dalam media sosial
Instagram terhadap minat beli konsumen di Ciputra World Apartemen Surabaya.
Metode penelitian yang digunakan ada kuantitatif dengan metode purposive
sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah followers Instagram Ciputra World
Apartemen Surabaya yang berjumlah 2.003 orang dengan jumlah sampel sebanyak
minimal 50 orang (170 orang). Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner
online dengan skala likert. Data hasil kuesioner dianalisis dengan menggunakan
SPSS versi 21. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel context,
communication, dan collaboration memiliki pengaruh terhadap minat beli
konsumen di Ciputra World Apartemen Surabaya sedangkan variabel connection
tidak reliabel sehingga tidak dapat diolah lebih lanjut lagi.