PENGARUH HARGA DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DISTRIBUTOR BATU KAPUR
Abstract
Pada umumnya masyarakat indonesia khususnya di Jawa Timur (di kabupaten Tuban, Lamongan, Gresik, dan Madura) menuggunakan batu kapur sebagai bahan bangunan, misalnya untuk pondasi rumah dan pengganti batu bata merah. Batu kapur juga dimanfaatkan untuk bahan camouran embuatan semen, cat, farmasi, dan lain-lain. UD. SION adalah prosuden kalsium karbonat yang terletak di kota Tuban dan berdiri sejak tahun 1998. Sistem produksi UD. SION masih bersifat tradisonal dengan menggunakan mesin rakitan, sehingga hanya dapat menghasilkan satu jenis kehalusan produk saja, yaitu mess 500. UD. SION memiliki 2 tipe konsumen yaitu distributor dan perusahaan. Distributor adalah konsumen yang membeli kalsium karbonat untuk dijual ke pihak lain. Sedangkan perusahaan adalah konsumen langsung yang mengolah kalsium karbonat atau menggunakan kalsium karbonat untuk proses produksi. Permasalahan yang ada dalam penelitian ini adalah apakah harga produk dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian distributor batu kapur.
Jenis penelitian yang digunakan di penelitian ini adalah penelitian eksplanatory. Penelitian ini menggunakan jenis data kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini belum diketahui dengan pasti karena belum ditemukan data yang menunjukkan jumlah distributor yang pernah membeli prosuk UD. SION sehingga diasumsikan heterogen sampel adalah sebanyak 30 sampel, tknik sampling dalam penelitian ini adalah purposive sampling (non-probability sampling) dan penelitian ini menggunakan analisis regeresi linear berganda.
Hasil pengolahan SPSS diperoleh persamaan regresi linear berganda diketahui adanya nilai beta positif. Nilai beta positif (β1 = 0.189, β2 = 0.585) berarti variabel bebas (X1 dan X2) berpengaruh positif terhadap variabel terikat, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa variabel harga dan kualitas layanan secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian oleh distributor batu kapur.