PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN RESELLER FAME
Abstract
Penelitian ini berjudul Pengaruh kualitas produk Dan Harga Terhadap
kepuasan reseller FAME. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui
pengaruh dari faktor kualitas produk (X1) dan harga (X2), terhadap variabel terikat
yaitu kepuasan reseller FAME (Y). Jenis penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah penelitian Eksplanatori. Penelitian ini menggunakan jenis
data kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah reseller dari FAME yang
sebanyak 327. Sampel yang diambil adalah sebanyak 54 sampel. Teknik sampling
dalam penelitian ini adalah purposive sampling (probability sampling), dan
penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Sumber data yang
digunakan adalah data primer yang didapatkan melalui penyebaran kuisioner
langsung pada responden. Pertanyaan kuisioner merupakan pertanyaan tertutup
dengan lima butir skala jawaban.
Hasil dari kuisioner kemudian direkap dengan menggunakan Microsoft
Excel dan diolah menggunakan program SPSS 20.0. Hasil pengolahan SPSS
diperoleh persamaan regresi linier berganda diketahui adanya nilai beta positif.
Nilai beta positif (β1 = 0,163, β2 = 0,492) berarti variabel bebas (X1 dan X2)
berpengaruh positif terhadap variabel terikat. Sehingga dapat ditarik kesimpulan
bahwa variabel kualitas produk dan harga secara parsial dan simultan berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan reseller FAME.