PENGARUH HARGA DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN AGUNG SAMUDRA ABADI
Abstract
Beras merupakan komoditas pangan pokok yang dikonsumsi oleh sebagian
besar masyarakat Indonesia. Tingginya tingkat konsumsi beras tersebut
membutuhkan distribusi yang baik yang bisa menjaga ketersediaan beras di berbagai
tempat. Oleh karena itu diperlukan peningkatan kualitas dan kuantitas distributor
beras agar beras dapat sampai ke masyarakat dalam waktu yang cepat dan kebutuhan
beras akan selalu tercukupi. Tingginya tingkat konsumsi beras tersebut membutuhkan
distribusi yang baik yang bisa menjaga ketersediaan beras di berbagai tempat. Oleh
karena itu diperlukan peningkatan kualitas dan kuantitas distributor beras agar beras
dapat sampai ke masyarakat dalam waktu yang cepat dan kebutuhan beras akan selalu
tercukupi. Adanya peningkatan jumlah distributor beras sebagai upaya pemenuhan
kebutuhan beras di masyarakat meningkatkan persaingan bisnis yang terjadi pada
sektor tersebut. Efek positif yang timbul adalah semakin meningkatnya upaya
peningkatan kualitas yang dilakukan distributor beras dalam rangka memberikan
kepuasan kepada pelanggan untuk memenangkan persaingan.Harga sebagai faktor
penentu kepuasan pelanggan memiliki dimensi antara lain keterjangkauan atau
kewajaran harga, kesesuaian harga, dan daya saing harga. Kualitas layanan dapat
didefinisikan sebagai perbedaan antara harapan atau keinginan pelanggan dengan
tingkat persepsi pelanggan tersebut. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui
pengaruh harga dan kualitas layanan terhadap kepuasaan pelanggan di Agung
Samudra Abadi.
Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah pelanggan tetap dari
Agung Samudra Abadi yang berjumlah 53 orang, maka besarnya sampel yang
digunakan dalam penelitian ini adalah 53 orang responden. Alat analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik,
analisis regresi berganda, dan pengujian hipotesis.
Dari hasil uji regresi berganda diperoleh persamaan Y = 0,276 + 0,698X1 +
0,281X2 dan dapat dibuat kesimpulan nilai Adjusted R Square yang dihasilkan
sebesar 0,594, artinya harga dan kualitas pelayanan di Agung Samudra Abadi
memiliki pengaruh sebesar 59% terhadap , sedangkan sisanya sebesar 41%
disebabkan oleh faktor-faktor lain.