SISTEM INVENTORY MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN DI TOKO HOKKY KRIAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah sistem inventory management untuk meningkatkan volume penjualan di Toko Hokky Krian. Adanya sistem inventory management ini membantu Toko Hokky Krian dalam meningkatkan volume penjualannya. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah hanya orang yang berada pada bagian inventory di Toko Hokky Krian. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh populasi ada karena jumlah populasi relatif kecil. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini terdapat dua sumber data, yaitu data primer meliputi wawancara dan observasi serta data sekunder yaitu, dari analisis dokumen dari laporan keuangan Toko Hokky Krian serta studi literatur dari jurnal, buku, dan dokumen. Metode pengumpulan yang digunakan adalah wawancara yang dilakukan dengan melibatkan tiga orang subyek penelitian, yaitu pemilik Toko Hokky Krian, supervisor Toko Hokky Krian, dan expert pada bidang inventory management. Selain itu, observasi pada Tokky Hokky Krian dan analisis dokumen Toko Hokky Krian juga merupakan metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik triangulasi yang merupakan teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan sesuatu yang lain di luar data itu untuk pengecekan atau sebagai pembanding terhadap data itu. Hasil dari penelitian ini ialah sistem inventory management yang baik dapat meningkatkan volume penjualan di Toko Hokky Krian. Maka dari itu, inventory harus dilakukan secara teratur dan biaya-biaya yang dikeluarkan harus diperhitungkan baik biaya penyimpanan maupun biaya produksi serta tidak usah menambahkan stock pada item yang tidak laku dan menambah jumlah stock pada item yang laku.
