METODE PENETAPAN HARGA JUAL PADA PRODUK RASARASA
Abstract
METODE PENETAPAN HARGA JUAL PADA PRODUK RASARASA
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk dapat mengetahui metode penetapan harga jual yang tepat pada Rasarasa. Selama ini Rasarasa menghitung harga jual dengan cara menghitung seluruh biaya bahan baku yang digunakan dan menambahkan sesuai dengan margi n keuntungan. Adanya penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan bagi perusahaan Rasarasa dengan acuan teori yang ada . Penelitian ini membandingkan tiga metode penetapan harga yaitu cost based pricing, value based pricing, dan competitive based pri cing . Data dikumpulkan melalui data internal perusahaan, melakukan observasi harga jual pesaing, dan wawancara dengan industri sejenis dan konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode penetapan harga yang paling tepat untuk diterapkan oleh Rasarasa adalah metode cost based pricing . Harga yang dihasilkan pada metode cost based pricing merupakan harga yang pantas untuk diterapkan setelah mempertimbangkan biaya - biaya yang dikeluarkan. Berdasarkan perhitungan secara cost based p ricing , produk Rasarasa dapat ditawarkan dengan harga yang lebih murah, yaitu risoles nangka Rp 1.3 46, risoles nanas Rp1.394 , dan risoles pisang keju Rp1.160 . Dengan menetapkan harga lebih rendah dibandingkan dengan harga saat ini, diharapkan perusahaan dapat memberikan penawaran yang lebih menarik pada konsumen, sehingga dapat meningkatkan penjualan dan mengurangi penolakan yang terjadi.