FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PENGGUNAAN JASA “ BENGKEL SEPEDA MOTOR ”
Abstract
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PENGGUNAAN JASA BENGKEL SEPEDA MOTOR
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam menggunakan jasa bengkel sepeda motor “BMW Motor”. Populasi yang digunakan adalah penduduk di wilayah Bandulan - Malang. Penulis menggunakan teknik pengambilan sampel dengan pendekatan non - probability sampling dengan sampel purposive . Dalam penentuan jumlah sampel , penulis menggunakan cara p engambil an sampel 10 kali jumlah variabel yang diteliti karena dalam penelitian ini terdapat 7 variabel berarti jumlah sampel yang digunakan 7x10 yakni 70 sampel . Adapun kriteria pemilihan sampel adalah warga Bandulan yang pernah menggunakan jasa layanan bengkel BMW Motor. Variabel dalam penelitian ini adalah motivasi, komunikasi, sikap, persepsi, keluarga, kelompok referensi, dan kelas sosial. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis faktor eksploratori. Nilai KMO- Measure of Sampling Adequacy dalam penelitian ini sebesar 0,809 yang berarti penelitan dinilai layak untuk menggunakan analisis faktor. Nilai-nilai MSA tiap peubah dalam penelitian ini >0,5. Artinya seluruh variabel dalam penelitian ini telah memenuhi syarat untuk digunakan dalam analisis lebih lanjut. Hasil penelitian ini adalah terbentuknya 2 faktor yang mempengaruhi keputusan penggunaan jasa bengkel sepeda motor, yaitu konsep diri dan gaya hidup.