ANALISIS FAKTOR YANG MEREFLEKSIKAN KEPEMIMPINAN DALAM PROSES SUKSESI BISNIS KELUARGA DI FAMILY BUSINESS COMMUNITY
Abstract
Penelitian ini dibutuhkan setidaknya 85 responden yang dijadikan sampelpenelitian. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalahnon probability sampling dan metode yang digunakan adalahpurposive sampling.Pengumpulan data berasal dari responden sampel yaitu anggota yang tergabungdalam komunitas perusahaan keluarga Universitas Ciputra.Microsoft excelakandigunakan untuk pemrosesan data yang terkumpul untuk pendataan dan prosesanalisa akan menggunakan aplikasi SMARTPLS 3.0. Hasil dari penelitian iniadalah bahwasannya pembentukan kepemimpinan dapat direfleksikan oleh 4 faktoryaitu Komitmen, Entrepreneurial Thinking, Komunikasi, dan Transfer Pengetahuan.Penjabaran dari setiap faktor tersebut adalah faktor komitmen terdiri dari identitasorganisasi, keterlibatan, loyalitas. Entrepreneurial Thinking terdiri dari melioristicthinking, holistic thinking, berpikir sosial dan etis, problem solving. Faktorkomunikasi terdiri dari perubahan sikap, perubahan pendapat, perubahan sosial.Faktor trnasfer pengetahuan terdiri dari pengetahuan produk, pengetahuan filosofis.
