ENGA R UH TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL TERHADAP MINAT PENGGUNAAN E - PAYMENT SEBAGAI ALAT PEMBAYARAN PADA DAPUR NUSANTARA
Abstract
Perkembangan teknologi terus meningkat, salah satunya teknologiinformasi dan komunikasi. Salah satu bentuk kemajuan teknologi adalahsmartphone. E-Paymentadalah fitur teknologi yang terdapat padasmartphoneyangdigunakan sebagai alat pembayaran. PenggunaanE-Paymentpada Dapur Nusantaratelah berlangsung lama dan terus digunakan terutama di masa pandemi. DapurNusantara adalah bisnis yang bergerak dibidang makanan dan menjual produk khasnusantara yang dikemas secara instan, salah satunya adalah burger krawu, danberkembang beruparice bowldengan hidangan khas Indonesia lainnya.TechnologyAcceptance Model(TAM) digunakan untuk menganalisis dan memahami faktor-faktor yang mempengaruhi diterimanya sebuah teknologi.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari (1)perceivedusefulnessterhadap minat penggunaane-payment(2)perceived ease of useterhadap minat penggunaane-payment(3)perceived benefitsterhadap minatpenggunaane-paymentsebagai alat pembayaran pada Dapur Nusantara. Penelitianini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan cara membagikan kuesionerkepada 80 responden yaitu konsumen Dapur Nusantara dengan kriteria yang telahdisediakan. Alat analisis yang digunakan adalah SPSS. Hasil penelitian ini adalah(1)perceived usefulnesstidak berpengaruh terhadap minat penggunaane-payment(2)perceived ease of useberpengaruh terhadap minat penggunaane-payment(3)perceived benefitsberpengaruh terhadap minat penggunaane-paymentsebagai alatpembayaran Dapur Nusantara. Hasil penelitian ini digunakan sebagai pengetahuanlebih oleh Dapur Nusantara untuk
