ANALISIS STRATEGI BERDASARKAN SWOT ANALYSIS UNTUK MENCAPAI KEUNGGULAN KOMPETITIF BEAUTY FASHION INDUSTRY
Abstract
Analisis Strategi berdasarkan SWOT Analysis untuk Mencapai Keunggulan
Kompetitif Beauty Fashion Industry.
Industri fesyen sebagai salah satu subsektor dari ekonomi kreatif
menunjukkan pertumbuhan terus menerus tiap tahunnya. Bisnis dalam industri ini
marak dikembangkan secara online yang disebut sebagai e-commerce. Seiring
dengan pertumbuhan tersebut, persaingan antar pelaku bisnis dalam industri juga
semakin meningkat. Strategi keunggulan kompetitif yang sesuai diperlukan
perusahaan Beauty Fashion Industry sebagai salah satu bisnis industri fesyen agar
dapat bersaing dengan pesaing yang ada termasuk pemain baru. Judul penelitian
ini adalah analisis strategi berdasarkan SWOT untuk mencapai keunggulan
kompetitif Beauty Fashion Industry. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui
bagaimana strategi berdasarkan SWOT Analysis untuk mencapai keunggulan
kompetitif Beauty Fashion Industry. Metode yang digunakan pada penelitian ini
adalah metode kualitatif. Pengambilan data dilakukan menggunakan metode
wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Purposive sampling digunakan
sebagai teknik sampling dalam penelitian ini. Analisis data menggunakan SWOT
untuk menemukan faktor internal dan eksternal perusahaan. Analisis internal
menggunakan analisis rantai nilai. Analisis eksternal dilakukan dengan 5 forces
analysis. Penilaian secara kualitatif dilakukan untuk menilai faktor-faktor
dominan dari Beauty Fashion Industry. Penilaian tersebut didukung dengan
pembobotan hasil wawancara dengan narasumber. Kesimpulan penelitian ini
adalah hasil analisis SWOT Beauty Fashion Industry yang merujuk penggunaan
strategi WO yaitu mengatasi kelemahan dalam meraih peluang. Pencapaian
keunggulan kompetitif Beauty Fashion Industry dapat dilakukan dengan
berpedoman pada langkah-langkah strategi yang fokus pada memperbaiki
kelemahan-kelemahan internal Beauty Fashion Industry dengan prioritas utama
yaitu peningkatan pemasaran menggunakan teknologi. Perbaikan kelemahankelemahan ditujukan untuk mempersiapkan Beauty Fashion Industry dalam upaya
meraih peluang pasar yang luas. Pangsa pasar industri fesyen yang terbuka luas
merupakan salah satu peluang yang tersedia.