PERANCANGAN VISUALISASI DAN MEDIA PROMOSI PERMAINAN EDUKASI INTERAKTIF “LITTLE DREAMS” UNTUK MENANAMKAN NILAI KARAKTER PADA ANAK USIA 3 - 6 TAHUN
Abstract
Perancangan media permainan edukasi “Little Dreams” ini ditujukan bagi anak-anak berusia 3-6 tahun, agar anak mengenal pentingnya nilai-nilai karakter yang baik sejak dini. Media yang dibuat berupa sebuah media permainan peran mikro, dengan bentuk boneka, dan sebuah buku panduan untuk membantu anak mencapai tujuan dalam permainan. Diharapkan, media permainan ini dapat dikembangkan lebih lanjut untuk dipasarkan kepada masyarakat, sehingga dalam perancangan ini juga dibuat sebuah konsep promosi yang bertujuan untuk meningkatkan awareness masyarakat terhadap produk.
Dalam pembuatan perancangan ini digunakan model teoritik 3D (Define, Data, dan Design) (Moeljadi Pranata, 2010), dengan menggunakan pendekatan keilmuan atau ilmiah. Berdasarkan konsep perancangan, sudah dihasilkan prototipe produk yang dibutuhkan serta media promosi untuk menunjang produk. Secara teoritis, perancangan ini efektif, akan tetapi secara empiris belum terbukti keefektifannya, sehingga disarankan agar dilakukan uji validasi dan uji coba dengan seksama terlebih dahulu.
