STRATEGY PENGEMBANGAN BISNIS DI CV. BANGKIT JAYA
Abstract
Pembangunan usaha sub sektor peternakan merupakan salah satu bagian yang terintegral. Dalam memenuhi kebutuhan pangan yang terus meningkat akibat bertambahnya jumlah penduduk, peningkatan rata - rata pendapatan penduduk dan menciptakan lapangan pekerjaan. Salah satu usaha peternakan yang banyak dilakukan oleh masyarakat di pedesaan adalah beternak sapi potong, yang berbentuk usaha peternakan rakyat. Dalam Peternakan, khususnya sapi, kambing dan domba merupakan suatu kebutuhan bagi masyarakat untuk dimakan. CV. Bangkit Jaya harus menyediakan stok yang mampu mengantisipasi kebutuhan mereka karena jika stoknya cukup maka pabrik akan memberikan order banyak, Demikian pula sebaliknya. Jika permintaan sedikit maka barang harus tetap disimpan di gudang perusahaan. Penelitian ini menganalisis faktor - faktor lingkungan bisnis perusahaan secara umum. Faktor eksternal yang dianalisa mencakup faktor politik, ekonomi, social, dan teknologi dengan menggunakan PEST analisis dan di dapatka data peluang (opportunity) dan ancaman (threats). Setelah itu dilakuakan analisa internal menggunakan 5’s Porter analysis tersebut akan di peroleh data kekuatan (strength) dan kelemahan (weakness). Setelah diperoleh data kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman perusahaan dapat menyusun suatu strategi melalui pembuatan matriks SWOT. Setelah dilakukan analisa SWOT, hasil penelitian ini menunjukkan posisi bisnis CV. Bangkit Jaya berada pada Kuadran 1. yang artinya perusahaan harus menetapkan strategi pada kuadran I yaitu strategi SO.